Perancangan User Experience Aplikasi E-Business Pasar Tradisional dengan Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Pasar Oro-Oro Dowo Kota Malang)

Main Author: Suri, Agum Dwi Artika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/186260/1/Agum%20Dwi%20Artika%20Suri.pdf
http://repository.ub.ac.id/186260/
Daftar Isi:
  • Kegiatan transaksi di pasar tradisional Oro-Oro Dowo mengalami penurunan dikarenakan pandemi Covid-19 meskipun daya beli masyarakat pada komoditas pangan justru mengalami kenaikan, namun hal tersebut tidak berpengaruh pada pendapatan para pedagang di pasar. Alasan utamanya adalah masyarakat merasa takut untuk pergi ke pasar di tengah pandemi Covid-19. Upaya yang dilakukan pengelola pasar adalah bekerja sama dengan DISKOPERINDAG untuk menyediakan layanan pasar online, namun solusi tersebut kurang menarik minat pedagang, sehingga pedagang mengambil alternatif dengan memasarkan produk mereka secara mandiri melalui WhatsApp. Pemasaran pribadi tersebut juga memiliki keterbatasan yaitu hanya dapat menjangkau kalangan tertentu. Oleh karena itu penulis mengusulkan sebuah solusi untuk merancang user experience aplikasi e-business pasar tradisional Oro-Oro Dowo yang akan mencakup proses kegiatan jual beli secara digital dan juga pengawasan dalam proses tersebut yang diharapkan mampu mempermudah pedagang pasar Oro-Oro Dowo dan pembeli. Proses perancangan dilakukan dengan metode design thinking dengan lima tahapan yaitu empathize, define, Ideate, prototype, dan test. Penelitian ini menghasilkan desain solusi berupa prototype aplikasi pedagang, pembeli, dan website admin. Ketiga rancangan prototype tersebut diuji dengan usability testing untuk mengukur tingkat efektifitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Hasil yang didapatkan untuk aspek efektifitas adalah dari ketiga desain solusi adalah 100%, aspek efisiensi untuk desain solusi pedagang didapatkan hasil 0.049 goals/sec, pembeli sebesar 0.053 goals/sec, dan pengelola pasar sebesar 0.088 goals/sec. Aspek kepuasan pengguna diukur dengan kuesioner system usability scale dengan hasil sebesar 74 untuk aplikasi pedagang, 87 untuk aplikasi pembeli, dan 95 untuk website admin.