Pengembangan Serious Game Menggunakan DPE Framework untuk Mengasah Kemampuan Berhitung dengan Gestur Tangan
Main Author: | Ramadhan, Aditya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/186250/1/Aditya%20Ramadhan.pdf http://repository.ub.ac.id/186250/ |
Daftar Isi:
- Berhitung sudah menjadi kebutuhan dasar dalam kehidupan sehari-hari, seperti jual beli, bekerja, belajar, dan sebagainya. Kemampuan berhitung dapat menurun seiring waktu jika kurang dilatih. Ini menyebabkan proses berhitung menjadi lambat. Untuk mengatasi hal tersebut, kemampuan berhitung harus terus menerus dilatih. Salah satu metode efektif dalam belajar berhitung adalah menggunakan gestur tangan karena gestur tangan dapat mengurangi cognitive load. Agar proses pembelajaran menggunakan gestur tangan menyenangkan, dapat digunakan media seperti permainan. Permainan diketahui dapat membuat pemain merasa bahagia, mengurangi tingkat stres, dan mengasah logika. Berdasarkan permasalahan tersebut, dirancang serious game yang menggunakan gestur tangan sebagai metode input untuk mengasah kemampuan berhitung. Untuk merancang serious game yang bermanfaat dan menyenangkan, perancangan game menerapkan Design, Play, Experience Framework atau disingkat DPE Framework. Penggunaan framework ini diharapkan dapat meningkatkan kesuksesan tujuan pembelajaran tanpa mengurangi faktor kegembiraan dari hasil rancangan serious game. Performa permainan dalam hal experience diukur melalui pengujian menggunakan metode Play Testing dan Game Experience Questionnaire (GEQ). Hasil pengujian dari 33 responden menunjukkan bahwa permainan menyenangkan dan bermanfaat dengan pengalaman negatif, kelelahan, dan disorientasi rendah. Secara keseluruhan, pemain menganggap permainan menyenangkan dengan nilai 4,12 dari 5.