Pengembangan Aplikasi Pencarian Riwayat Percakapan Customer Care (Studi Kasus: PT Beon Intermedia)
Main Author: | Ramadhani, Yusuf |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/186249/1/-%20YUSUF%20RAMADHANI.pdf http://repository.ub.ac.id/186249/ |
Daftar Isi:
- PT Beon Intermedia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penyedia layanan web hosting di Indonesia. Perusahaan sadar akan pentingnya layanan yang ditawarkan kepada pelanggan. Untuk terus meningkatkan kepuasan pelanggan. Perusahaan secara konsisten melakukan analisa terhadap pelanggan dengan salah satunya menggunakan layanan percakapan. Layanan percakapan ditangani oleh bagian customer care. Dimana setiap percakapan terhadap pelanggan dapat berisi kendala, komplain dan pertanyaan terkait produk. Dengan menganalisa chat pelanggan diharapkan perusahaan dapat menemukan layanan yang dapat diperbaiki dan ditingkatkan. Untuk membantu melakukan analisa terhadap percakapan tersebut dibutuhkan mesin pencarian yang baik. Dengan melakukan pencarian terhadap percakapan yang tepat akan mempercepat mengetahui kebutuhan pelanggan. Pada penelitian ini akan dikembangkan sistem pencarian yang akan menggunakan Cosine Similairty untuk mengukur kemiripan antara percakapan dengan query yang dicari. Perhitungan kemiripan ini diukur dari kedekatan antar vektor yang mewakili data percakapan dengan query. Untuk menilai bobot dari vektor tersebut digunakan metode TF – IDF. Sistem ini dikembangkan berbasis web. Hasil dari penelitian akan berupa mesin pencarian. Pengujian pada penelitian ini menggunakan pengujian akurasi untuk memastikan akurasi dari sistem yang dibangun. Pengujian dilaksanakan dengan 2 kasus yang diberikan query berbeda. Untuk kasus pertama nilai akurasi mencapai 80% dan untuk kasus kedua akurasi mencapai 60%.