Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Mentimeter Terhadap Keaktifan, Motivasi, dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring di Kelas X Program Keahlian Multimedia Mata Pelajaran Teknik Pengolahan Audio dan Video SMK Negeri 7 Malang
Main Author: | Putri, Nia Amanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/186222/1/-%20Nia%20Amanda%20Putri.pdf http://repository.ub.ac.id/186222/ |
Daftar Isi:
- Salah satu dampak Pandemi COVID-19 membuat kegiatan belajar mengajar disekolah dilakukan secara daring, hal tersebut mengakibatkan siswa kurang termotivasi dan kurang aktif dalam belajar. Kompetensi keahlian yang cukup sulit dilakukan menggunakan sistem pembelajaran online di SMK Negeri 7 Malang adalah Multimedia salah satu mata pelajaran Teknik Pengolahan Audio Video. Minimnya bimbingan yang diberikan guru dan keterbatasan penyampaian materi tidak dapat berjalan lancar karena memerlukan respon keaktifan siswa untuk menggali pemahaman, pendapat, pengalaman memerlukan suatu media interaktif. Media pembelajaran interaktif salah satunya adalah Mentimeter, Mentimeter merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk pembelajaran secara online sehingga presentasi yang disampaikan lebih interaktif. Pada penelitian ini peneliti menganalisis media pembelajaran interaktif Mentimeter terhadap motivasi dan keaktifan siswa kelas X program Keahlian Multimedia SMK Negeri 7 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif Mentimeter terhadap motivasi dan keaktifan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian True Experimental Design serta menggunakan populasi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih secara acak. Peneliti melakukan observasi, wawancara, pretest, posttest, dan kuesioner untuk mengumpulkan data primer. Kelas yang digunakan yaitu X Multimedia 1 sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan X Multimedia 2 sebanyak 36 sebagai kelas kontrol, total 70 siswa sebagai populasi dan terpilih menjadi sampel sebanyak 58 siswa. Pengolahan data dilakukan menggunakan bantuan excel dan SPSS dengan uji Independen Sampel T-tes, uji regresi linier sederhana, koefisien determinasi, uji parsial. Setelah proses pengolahan data mendapatkan hasil sebagai berikut (1) uji Independen Sampel T-tes motivasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak terdapat perbedaan dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,180 > 0,05 (2) uji Independen Sampel T-tes keaktifan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak terdapat perbedaan dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,493 > 0,05 (3) nilai dari pretest kelas eksperimen dan kontrol tidak berbeda dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,704 >(4) nilai posttest antara kelas eksperimen dan kontrol terdapat perbedaan dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,03 < 0,05 (5) tidak ada pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Mentimeter terhadap motivasi dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,292 > 0,05 (6) tidak ada pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Mentimeter terhadap keaktifan dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,221 > 0,05.