Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT PGN Dengan Metode SEM-PLS (Studi Kasus: Divisi HCM)

Main Author: Novel, Feby Azzahra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/186166/1/Feby%20azzahra%20novel.pdf
http://repository.ub.ac.id/186166/
Daftar Isi:
  • Salah satu divisi pada perusahaan PT PGN dibawah direktorat SDM dan umum adalah HCM (Human Capital Management). Tugas dari divisi Human Capital Management khususnya bagian COE (Center of Excellent) adalah menilai kinerja karyawan secara individu atau performance dan reward management. Hasil akhir dari penilaian kinerja adalah performance target rating yang dibagi menjadi lima predikat dari yang terbawah sampai yang tertinggi yaitu unsatisfactory, reasonable, good, good plus, very good, outstanding. Data jumlah total penilaian kinerja karyawan direktorat SDM dan umum pada tahun 2017 sampai 2019 menyatakan bahwa terdapat kenaikan pada predikat reasonable pada tahun 2019 yaitu dari 0,76% menjadi 2,6%. Predikat good mengalami penurunan pada tahun 2019 yaitu sebesar 20,8% menjadi 28,2%. Pada tahun 2018 predikat very good mengalami penurunan yang cukup besar yaitu sebesar 4,5% menjadi 12%. Adanya data tersebut diketahui terjadi karena target kerja karyawan secara individu tidak terpenuhi bahkan adanya perilaku karyawan yang kurang baik, produktivitas yang kurang dan adanya karyawan yang mendapat surat peringatan. Permasalahan penurunan kinerja karyawan ini dapat dipengaruhi oleh kepuasan kerja dan motivasi kerja. Kepuasan kerja yang diterima oleh karyawan akan berpengaruh terhadap hasil pekerjaannya, karyawan yang merasa puas dengan pekerjaannya akan menggunakan kemampuan pada dirinya seoptimal mungkin, Sedangkan pada motivasi kerja, motivasi dianggap sebagai prediktor kinerja, artinya adalah motivasi sebagai salah satu penentu kinerja karyawan. Maka, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di PT PGN dengan studi kasus pada divisi HCM. Penelitian ini menggunakan metode analisis statistik Stuctural Equation Modelling berbasis Partial Least Square (SEM-PLS). Data yang didapatkan dari hasil kuisioner karyawan divisi HCM dengan total responden 30 orang. Pernyataan pada kuisioner dibuat sesuai dengan indikator dari variabel penelitian, yaitu variabel kepuasan kerja memiliki, variabel dan variabel kinerja karyawan yang memiliki masing-masing 5 indikator. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan dengan nilai korelasi 3.2078 dan tidak terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan dengan nilai korelasi 0.6049. Maka, variabel paling dominan yang mempengaruhi kinerja karyawan adalah kepuasan kerja. Analisis rekomendasi dilakukan menggunakan prioritization matrix, didapatkan rekomendasi alat ukur untuk mengukur kepuasan kerja yaitu Job Description Index (JDI) dan Minnesota Satisfaction Questionnaire (MSQ)