Evaluasi Kinerja Jalur Pejalan Kaki Kawasan Alun-Alun Sidoarjo

Main Author: Kresna Fresdatama, Helanda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/186062/1/Skripsi_FT_Helanda%20Kresna%20Fresdatama_145060601111048%20-%20tama%20fresda.pdf
http://repository.ub.ac.id/186062/
Daftar Isi:
  • "Kawasan alun – alun Sidoarjo merupakan salah satu kawasan yang strategis yang terdapat di Kabupaten Sidoarjo. Kawasan alun-alun memiiki panjang jalur pejalan kaki di kawasan alun – alun Sidoarjo 1,6 km, tetapi kondisi kinerja operasionalnya tidak sesuai standar dan pejalan kaki tidak dapat menikmati pelayanan dengan maksimal karena tidak nyaman, tidak merasa aman, dan pejalan kaki banyak yang memilih berjalan di badan jalan. Berdasarkan kondisi permasalahan pada lokasi studi dan termasuk dalam kawasan strategis, penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbaikan kinerja jalur pejalan kaki guna menunjang perencanaan pada koridor jalan tersebut. Metode yang digunakan untuk kinerja operasional ditinjau dari geometri, kondisi kerusakan, fasilitas pelengkap, dan level of service, sedangkan kinerja pelayanan menggunakan analisis kano yang menghasilkan atribut prioritas, serta menggunakan analisis QFD (Quality Function Deployment) yang menghasilkan arahan perbaikan dan prioritas peningkatan kinerja. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa strategi perencanaan rekomendasi, diantaranya yaitu merenovasi lebar jalur hijau, memperbaiki tinggi pembatas jalur pejalan kaki dengan jalur hijau, merenovasi jalur pejalan kaki dengan menambah ubin bertekstur sebagai jalur pemandu, merenovasi jalur pejalan kaki, merenovasi kerusakan permukaan jalur pejalan kaki, menyediakan fasilitas pagar pembatas berupa bolar, memasang rambu dilarang parkir dan juga rambu dilarang berjualan diatas trotoar, menyediakan ramp dan fasilitas pegangan tangan, menambahan lampu penerangan, menambah tempat duduk, menanam tanaman jacaranda atau gelam karena diameternya sesuai dengan kondisi lebar jalur pejalan kaki, merelokasi pedagang kaki lima, menambah tempat sampah, memindahkan fasilitas yang mengganggu badan jalur pejalan kaki, dan mewarnai kembali rambu yang sudah rusak. Kata Kunci : Jalur-Pejalan-Kaki, Kinerja-Operasional, Kinerja-Pelayanan, Model-kano, Quality-Function-Development-Analysis "