Analisa Penyerapan Energi Dan Pola Deformasi Crash Box Dengan Model Struktur Bamboo

Main Author: Hadi Nur Saputro, Alfian
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/185982/1/SKRIPSI_FT_ALFIAN%20HADI%20NUR%20SAPUTRO-175060207111030%20-%20alfian%20hadi.pdf
http://repository.ub.ac.id/185982/
Daftar Isi:
  • "Crash box adalah sebuah komponen kendaraan mobil penumpang yang dipasang pada bagian depan mobil yang berfungsi sebagai alat pengaman pasif. Riset crash box sudah banyak dikembangkan. Salah satu pengembangan desain crash box yaitu dengan cara mengadopsi struktur tanaman bambu. Bambu dipilih karena memiliki struktur biologis yang unik dan memiliki sifat mekanik yang sangat baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kemampuan penyerapan energi crash box dengan variasi perbedaan ratio ketebalan antar nodal sebesar 1.1; 1.3; 1.5; 1.7 dan ketebalan ribs 0.7; 0.9; 1.1; 1.3 mm. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan software berbasis metode elemen hingga yaitu ANSYS 19.2 LS-DYNA. Model pembebanan dilakukan dengan impactor sebesar 100 kg dan kecepatan 10 m/s. Material crash box menggunakan aluminium alloy A6063-T5. Dari hasil simulasi computer, didapatkan bahwa crash box struktur bambu dengan kemampuan penyerapan energi paling baik pada model ke- 13 dengan ratio ketebalan antar nodal 1.1 dan ketebalan ribs 1.3. Hal ini disebabkan karena semakin kecil ratio ketebalan antar nodal dan semakin besar ketebalan ribs maka nilai peak crushing force (PCF) akan semakin meningkat, dan semakin meningkatnya nilai PCF maka kemampuan penyerapan energinya juga akan semakin tinggi. "