KHALAYAK KONTEN BERITA DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM: Motivasi Khalayak Mengonsumsi Konten Berita dan Melakukan Interaksi dalam Kolom Komentar Akun Instagram @folkative
Main Author: | Triana Novitasari, Ananda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/185981/7/Ananda%20Triana%20Novitasari.pdf http://repository.ub.ac.id/185981/ |
Daftar Isi:
- Penggunaan media sosial Instagram sebagai sumber berita dan info terkini menunjukkan peningkatan yang signifikan, khususnya di kalangan anak muda. Salah satu akun Instagram media yang saat ini tengah mencuri perhatian banyak kalangan anak muda pengguna Instagram adalah Folkative. Folkative merupakan media online yang fokus menyorot berita dan informasi-informasi terkini mengenai seni, budaya, creative culture, hingga merek lokal Indonesia (Folkative, 2018). Dalam praktiknya, Folkative memiliki sejumlah karakteristik yang membuatnya berbeda dari media berita pada umumnya. Meski begitu, Folkative berhasil mendapatkan 1,3 juta pengikut dan menjadi media yang paling unggul di antara media sejenisnya. Penelitian ini memberikan perhatian pada perspektif khalayak Folkative, khususnya motivasi khalayak dalam mengonsumsi konten berita di Folkative dan melakukan interaksi dalam kolom komentar konten berita Folkative. Peneliti menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil analisis terhadap hasil wawancara dengan delapan informan, penelitian ini menemukan beberapa kategori tentang motivasi khalayak dalam mengonsumsi konten berita Folkative, yaitu isi konten berita yang menarik bagi khalayak, penyampaian konten berita yang menarik bagi khalayak, keuntungan yang didapatkan khalayak, dan kebutuhan yang ingin dipenuhi khalayak. Sedangkan, beberapa kategori yang ditemukan peneliti tentang motivasi khalayak dalam melakukan interaksi di kolom komentar Folkative, yaitu kesan khalayak terhadap interaksi dalam kolom komentar Folkative, isi komentar pengguna lain yang menarik bagi khalayak, konten berita di Folkative, keuntungan yang didapatkan khalayak, tujuan berinteraksi dalam kolom komentar Folkative. Dimensi dalam teori uses and gratifications membantu peneliti mengidentifikasi motif-motif apa saja yang muncul dari hasil penelitian, yaitu motif informasi, integrasi dan interaksi sosial, identitas pribadi, hiburan, ekspresi opini, dan berbagi informasi.