EFEK CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI DENGAN KEPUASAN MEMBELI SEBAGAI MEDIASI (PENELITIAN KONSUMEN SEMEN GRESIK DI JAWA TIMUR)
Main Author: | Badar, Manggala Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/185887/1/Manggala%20Mb.pdf http://repository.ub.ac.id/185887/ |
Daftar Isi:
- PT Semen Gresik terus berupaya untuk mebentuk image produknya sebagai produk premiun agar dapat mempertahankan statusnya sebagai market leader, strategi tersebut bertujuan untuk membentuk brand image yang kuat dan menjaga kepuasan pelanggan agar mampu menciptakan niat beli yang berkelanjutan. Saat ini permintaan semen nasional masih labil dan sulit diprediksi, sehingga perlu dilakukan evaluasi korelasi antar variabel tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi hubungan antara citra merek, kepuasan pelanggan dan niat membeli. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan produk semen Gresik yang berada di wilayah 1 Jawa Timur yang meliputi wilayah Surabaya, Gresik, Sidoarjo, dan Mojokerto. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan purposive sampling dengan 3 kriteria yaitu: 1) agen, pengecer atau toko, 2) telah menjadi dealer lebih dari 2 tahun dan 3) memenuhi kriteria sebagai distributor atau toko yang aktif. Hasil penelitian ini diperoleh 134 kuesioner, kemudian dilakukan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis) dengan program pengolahan data Partial Least Square (PLS). Kesimpulan penelitian ini adalah a) variabel citra merek berpengaruh positif terhadap variabel niat membeli dan kepuasan pelanggan, b) variabel kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap niat membeli, c) kepuasan pelanggan memediasi hubungan antara citra merek dengan niat membeli