FAKTOR PENENTU MINAT WAJIB PAJAK BADAN ATAS INSENTIF PERPAJAKAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan)
Main Author: | Medyanta, Adham |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/185857/1/ADHAM%20MEDYANTA.pdf http://repository.ub.ac.id/185857/ |
Daftar Isi:
- Salah satu kebijakan pemerintah untuk menjaga, mencegah, serta memulihkan kondisi perekonomian di saat masa pandemi COVID-19 maupun setelah masa pandemi COVID-19 ialah membuat kebijakan insentif pajak masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang membuktikan pengaruh persepsi kualitas pelayanan, persepsi faktor sosial, persepsi pemahaman pajak, dan kondisi ekonomi Wajib Pajak terhadap minat Wajib Pajak Badan memanfaatkan insentif perpajakan di masa pandemi COVID-19. Responden pada penelitian ini berjumlah 70 Wajib Pajak Badan yang terdaftar di KPP Pratama Malang Selatan dan berpusat di Kota Malang dan dikumpulkan menggunakan metode survei dengan instrumen kuesioner dan penentuan sampel dengan metode Purposive Sampling. Analisis yang dipergunakan adalah analisis regresi berganda guna menguji pengaruh dengan menggunakan Uji t melalui aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi kualitas pelayanan, persepsi pemahaman pajak, kondisi ekonomi wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap minat Wajib Pajak Badan memanfaatkan insentif perpajakan di masa pandemi COVID-19, sedangkan variabel persepsi faktor sosial tidak berpengaruh signifikan