Aplikasi Pemetaan Ruangan Berbasis Web VR Image 360 pada gedung FILKOM

Main Author: M Lukman Hakim, A
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/185838/1/A%20M%20LUKMAN%20HAKIM.pdf
http://repository.ub.ac.id/185838/
ctrlnum 185838
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/185838/</relation><title>Aplikasi Pemetaan Ruangan Berbasis Web VR Image 360 pada gedung FILKOM.</title><creator>M Lukman Hakim, A</creator><subject>000 Computer science, information &amp; general works</subject><description>"FILKOM adalah tempat besar dengan banyak bangunan yang dapat menyulitkan para pengunjung bahkan mahasiswa baru saat hendak menemukan lokasi ataupun ruangan yang ingin mereka datangi. Berdasarkan latar belakang ini maka dikembangkanlah situs web berbasis VR ini guna membantu pengunjung dan para mahasiswa baru untuk menavigasi melalui FILKOM, mencari ke tujuannya serta menunjukkan lokasinya. Dengan memanfaatkan VR image 360 derajat diharapkan pengguna dapat memiliki pengalaman untuk dapat berkunjung secara virtual seperti berkunjung secara nyata dan langsung melihat dan menemukan Gedung ataupun ruangan yang mereka butuhkan. VR Teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi sangat canggih sehingga pengguna dapat menampilkan VR melalui situs web yang biasa tanpa menggunakan alat pengembangan yang kompleks. &#xD; Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan aplikasi VR informasi ruangan FILKOM UB, merancang rancangan dan implementasi aplikasi VR informasi ruangan FILKOM UB menggunakan image 360 dengan metode waterfall serta melakukan pengujian aplikasi VR informasi ruangan FILKOM UB.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan pada analisis kebutuhan, aplikasi pemetaan ruangan berbasis web VR image 360 pada gedung FILKOM telah menghasilkan 2 (dua) kebutuhan fungsional dan 1 (satu) kebutuhan non-fungsional pada aplikasi atau sistem; untuk perancangan aplikasi dilakukan dengan membuat use case dan use case scenario. Lalu dibuat activity diagram berdasarkan use case scenario yang telah dibuat. Pada tahap perancangan aplikasi VR dibuat VR design context, dan storyboard VR untuk memberi konteks dari cara penggunaan aplikasi VR dan pengguna aplikasi. Pada hasil pengujian menggunakan black box testing hasil yang diperoleh sudah valid, Adapun pengujian menggunakan metode System Usability Scale (SUS) pada 10 responden diperoleh nilai usabilitas 78 atau termasuk dalam kategori Acceptable.&#xD; &#xD; Kata kunci: Virtual Reality, Web, FILKOM"</description><date>2021-08-13</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/185838/1/A%20M%20LUKMAN%20HAKIM.pdf</identifier><identifier> M Lukman Hakim, A (2021) Aplikasi Pemetaan Ruangan Berbasis Web VR Image 360 pada gedung FILKOM. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>052115</relation><recordID>185838</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author M Lukman Hakim, A
title Aplikasi Pemetaan Ruangan Berbasis Web VR Image 360 pada gedung FILKOM
publishDate 2021
topic 000 Computer science
information & general works
url http://repository.ub.ac.id/185838/1/A%20M%20LUKMAN%20HAKIM.pdf
http://repository.ub.ac.id/185838/
contents "FILKOM adalah tempat besar dengan banyak bangunan yang dapat menyulitkan para pengunjung bahkan mahasiswa baru saat hendak menemukan lokasi ataupun ruangan yang ingin mereka datangi. Berdasarkan latar belakang ini maka dikembangkanlah situs web berbasis VR ini guna membantu pengunjung dan para mahasiswa baru untuk menavigasi melalui FILKOM, mencari ke tujuannya serta menunjukkan lokasinya. Dengan memanfaatkan VR image 360 derajat diharapkan pengguna dapat memiliki pengalaman untuk dapat berkunjung secara virtual seperti berkunjung secara nyata dan langsung melihat dan menemukan Gedung ataupun ruangan yang mereka butuhkan. VR Teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi sangat canggih sehingga pengguna dapat menampilkan VR melalui situs web yang biasa tanpa menggunakan alat pengembangan yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan aplikasi VR informasi ruangan FILKOM UB, merancang rancangan dan implementasi aplikasi VR informasi ruangan FILKOM UB menggunakan image 360 dengan metode waterfall serta melakukan pengujian aplikasi VR informasi ruangan FILKOM UB. Hasil penelitian menunjukkan pada analisis kebutuhan, aplikasi pemetaan ruangan berbasis web VR image 360 pada gedung FILKOM telah menghasilkan 2 (dua) kebutuhan fungsional dan 1 (satu) kebutuhan non-fungsional pada aplikasi atau sistem; untuk perancangan aplikasi dilakukan dengan membuat use case dan use case scenario. Lalu dibuat activity diagram berdasarkan use case scenario yang telah dibuat. Pada tahap perancangan aplikasi VR dibuat VR design context, dan storyboard VR untuk memberi konteks dari cara penggunaan aplikasi VR dan pengguna aplikasi. Pada hasil pengujian menggunakan black box testing hasil yang diperoleh sudah valid, Adapun pengujian menggunakan metode System Usability Scale (SUS) pada 10 responden diperoleh nilai usabilitas 78 atau termasuk dalam kategori Acceptable. Kata kunci: Virtual Reality, Web, FILKOM"
id IOS4666.185838
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T07:07:26Z
last_indexed 2021-10-28T07:07:26Z
recordtype dc
_version_ 1751453830119161856
score 17.538404