EVALUASI USABILITY PADA APLIKASI KEHADIRAN KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING DAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS)

Main Author: Salsabila Gunawan, Nadien
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/185705/2/NADIEN%20SALSABILA%20GUNAWAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/185705/
Daftar Isi:
  • PT. Allbest Solusi Sistem merupakan perusahaan konsultan yang memberikan solusi untuk lingkup Teknologi Informasi (IT). Yang produk dan jasa-nya berupa software development, hardware sales and maintenance, end-to-end solutions, dan professional services. Aplikasi Kehadiran Karyawan merupakan salah satu produk dari PT. Allbest Solusi Sistem berbasis mobile application yang terdapat pada android dan iOS. Kegunaan aplikasi ini adalah untuk membantu perusahaan mengatur presensi karyawan. Saat ini aplikasi berfokus untuk menyediakan layanan antara lain, fitur presensi karyawan dengan geolokasi yang otomatis akan melacak posisi karyawan secara real-time, fitur validasi kehadiran melalui swafoto ketika presensi masuk, fitur pengajuan cuti secara online, dan fitur penyimpanan riwayat absensi. Pada aplikasi mobile sangatlah penting untuk memperhatikan desain user interface, seperti definisinya user interface merupakan suatu istilah untuk menggambarkan tampilan dari mesin atau komputer yang berinteraksi langsung dengan pengguna. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah usability testing dan System Usability Scale (SUS). Usability testing adalah salah satu metode untuk menilai User Experience secara nyata dengan melihat proses penggunaan aplikasi, tujuannya adalah mengukur metrik learnability, efficiency, errors dan satisfication. Untuk System Usability Scale (SUS) adalah salah satu alat pengujian usability untuk mengukur komponen satisfication pengguna menggunakan kuisioner formal. Dari metrik yang telah disebutkan terdapat 4 data yang diambil, yaitu tingkat keberhasilan (success rate), waktu yang dibutuhkan suatu tugas (time based efficiency), tingkat kesalahan (error rate), hasil kuisioner System Usability Scale. Terdapat 2 task scenario pada penelitian ini yang berfokus pada proses registrasi, yaitu pendaftaran karyawan dan pendaftaran perusahaan. Setelah didapatkan hasil olah data maka akan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil evaluasi tingkat satisfication pada interface didapatkan nilai sebesar 62,5 yang berada pada rentang 51-68. Dari hal ini dapat dilihat tingkat satisfication pada user interface Aplikasi Kehadiran Karyawan dibawah rata- rata. Terdapat 4 desain rekomendasi perbaikan yang didasarkan oleh analisa dan pembahasan yang telah dilakukan yaitu pengujian, wawancara, dan observasi, sehingga didapatkan permasalahan yang perlu dilakukan perbaikan. Rekomendasi perbaikan dibuat dalam bentuk mockup aplikasi yang berdasarkan guideline.