Developing English Textbook Based on Local Culture for First Grade of Elementary School in Batu
Main Author: | Anggraini, Yasinta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/185659/1/Yasinta%20Anggraini.pdf http://repository.ub.ac.id/185659/ |
Daftar Isi:
- i era globalisasi ini, secara tidak langsung berkembang sangat maju antara lain harus bisa berbahasa asing, salah satunya penguasaan bahasa Inggris. Oleh karena itu, bahasa Inggris sangat penting untuk menguasai dunia kerja saat ini, namun dengan adanya perubahan kurikulum 2013 berdampak pada dihilangkannya mata pelajaran bahasa Inggris untuk siswa sekolah dasar. Namun, bahasa Inggris masih menjadi syarat untuk masuk ke SMP dan salah satu mata pelajaran yang akan diujikan pada ujian sekolah. Oleh karena itu, banyak sekolah yang membuat kebijakan bahwa mata pelajaran bahasa Inggris masih diajarkan di sekolah dasar sebagai ekstrakurikuler. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku bahasa Inggris berbasis budaya lokal untuk kelas satu sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model penelitian R&D Borg and Gall (2003) yang memodifikasi sepuluh tahap menjadi tujuh tahapan: need assessment, principle of product development, syllabus development, expert’s validation, operational product revision, tryout, and final product. Peneliti menggunakan kuesioner, interview, dan lembar validasi sebagai instrumen penelitian. Data dianalisis secara kualitatif. Ahli diminta untuk memvalidasi isi dari buku untuk menilai kesesuaian buku yang dikembangkan untuk siswa kelas satu atau tidak. Berdasarkan hasil dari data analisis, data menunjukkan bahwa buku valid dan sangat bagus. Respon dari ahli isi pada lembar validasi menunjukkan bahwa buku sudah dapat diterapkan dalam pengajaran Bahasa Inggris untuk siswa kelas satu. Peneliti menyarankan guru Bahasa Inggris untuk menggunakan buku tersebut karena itu dapat menjadi sebuah pedoman pada proses belajar mengajar.