“Jare Mulyo Maleh Ciloko”: Upaya Menjalin Relasi dan Meredam Amarah antara Masyarakat Lokal Dusun Genjong dengan PT Greenfields Blitar Melalui Program CSR
Main Author: | Aulia, Vivi Arnisyiatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/185642/1/Vivi%20Arnisyiatul%20Aulia.pdf http://repository.ub.ac.id/185642/ |
Daftar Isi:
- Salah satu industri yang saat ini dilihat pemerintah yaitu industri susu dan peternakan sapi, yang mana industri tersebut dapat berkembang baik di Indonesia. Salah satu industri susu yang saat ini dilihat pemerintah yaitu milik PT Greenfields. Industri pengolahan susu ini berlokasi di perkebunan teh Sirah Kencong, Desa Ngadirenggo, Kabupaten Blitar. PT Greenfields tidak hanya sekedar melakukan kegiatan perindustriannya, melainkan juga menjadi agen pembangunan masyarakat dan negara, seperti upaya membangun jalan, memberi donasi, serta mendukung pembangunan desa melalui program-program yang mereka buat. PT Greenfields menjadi ruang studi yang diambil peneliti untuk melihat bagaimana relasi yang terjalin antara pihak Greenfields dengan masyarakat dusun Genjong, serta ingin melihat bagaimana partisipasi dan respon masyarakat dalam proses perencanaan dan penerapan program CSR PT Greenfields. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti mencoba membagi dua bagian informan, yang pertama dari pihak perusahaan yang berurusan mengenai program CSR, dan yang kedua yaitu bagian informan yang menjadi sasaran dari program CSR serta para elit desa (perangkat desa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa program CSR yang dikeluarkan oleh PT Greenfields telah diupayakan semaksimal mungkin sesuai dengan kebutuhan pembangunan masyarakat di sekitar industri. Program-program CSR juga seringkali disematkan sebagai wujud ekonomi-moral suatu perusahaan akan niat mereka untuk memperbaiki masyarakat yang hidup di sekitar perusahaan, sehingga berakhir pada kepentingan perusahaan agar dapat mengembangkan dan memperluas bisnis yang mereka jalankan. Dilain sisi masyarakat juga memanfaatkan hal tersebut untuk meminta apa yang mereka inginkan kepada pihak perusahaan