Kecemasan Berbicara Siswa EFL di Sekolah Vokasi

Main Author: Puwaningsih, U. F
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/185624/1/Umi%20Farida%20Purwaningsih.pdf
http://repository.ub.ac.id/185624/
Daftar Isi:
  • Kecemasan adalah perasaan cemas yang dirasakan seseorang ketika menghadapi sesuatu yang mungkin memicunya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki tingkat kecemasan berbicara siswa. Desain penelitian dari penelitian ini adalah penelitian berbasis survei. Untuk pengumpulan data, digunakan kuesioner FLCAS yang diadaptasi oleh Zhou (2007) yang didistribusikan dalam bentuk tautan Google Form kepada 140 siswa kelas 11 di SMK Negeri 2 Trenggalek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kebetulan mengalami tingkat kecemasan yang cukup sedang. Siswa yang menderita kecemasan berbicara sebagian besar karena ketakutan akan evaluasi negatif yang dapat menyebabkan siswa mengembangkan rasa rendah diri dan menurunkan harga diri mereka dalam berbicara bahasa Inggris. Kesimpulannya, siswa telah mengalami tingkat kecemasan tertentu dalam belajar bahasa Inggris yang dapat menghambat mereka untuk memperoleh bahasa tersebut. Harapannya, peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian yang lebih mendalam tentang kecemasan berbicara atau berbicara dengan menambahkan lebih banyak variabel pada penelitian, seperti wawancara lanjutan untuk mendukung temuan