The Ideology of Beauty Constructed in Skincare Advertisement
Main Author: | Alyani, Sharfina. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/185593/1/SHARFINA%20ALYANI.pdf http://repository.ub.ac.id/185593/ |
Daftar Isi:
- Pada iklan produk kecantikan, sebagian besar menggambarkan tentang bagaimana wanita seharusnya. Citra “ideal” wanita distereotipkan bahkan secara visual ataupun secara tekstual dalam iklan. Penelitian ini difokuskan pada wacana dan teks dari iklan yang melahirkan konsep ideologis dalam kecantikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa dalam iklan perawatan kulit, menganalisis cara strategi yang digunakan dalam mempengaruhi konsumen dan menemukan alasan penggunaan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana data dikumpulkan dari iklan Garnier, Pond’s dan Wardah. Data yang dikumpulkan adalah kata, frasa dan kalimat yang digunakan dalam iklan. Analisis data dilakukan dengan pendekatan Analisis wacana Kritis dengan pendekatan daritiga dimensi Fairclough yaitu aspek tekstual, dikursif dan sosial. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa bahasa yang digunakan dalam iklan Garnier, Pond’s dan Wardah tampak meyakinkan konsumen dan berhasil menggunakan berbagai strategi wacana untuk menarik konsumen agar membeli produk yang diiklankan. Sedangkan untuk praktik sosial, kata-kata yang digunakan dalam iklan tersebut dianggap memiliki pengarus terhadap konsumen