The Correlation between Students’ Vocabulary Mastery and Their Reading Ability
Main Author: | Cleverisa, S. A |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/185587/1/Shacitra%20Ayu%20Cleverisa.pdf http://repository.ub.ac.id/185587/ |
Daftar Isi:
- Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan pada hubungan antara penguasaan kosakata siswa dan kemampuan membaca mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara penguasaan kosakata siswa dengan kemampuan membaca mereka pada semester kedua kelas delapan SMPN 4 Pare tahun ajaran 2020/2021. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penelitian korelasional. Peneliti menggunakan desain penelitian korelasional dengan melakukan tes kosakata dan membaca kepada siswa kelas dua SMPN 4 Pare sebagai sampel penelitian ini untuk mendapatkan data korelasi antara penguasaan kosakata siswa dengan kemampuan membaca mereka. Peneliti menggunakan tes yang terdiri dari 57 item sebagai instrumen penelitian ini. Sampel penelitian ini berjumlah 34 siswa kelas II SMPN 4 Pare. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan SPSS ver. 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata siswa dengan kemampuan membaca mereka. Berdasarkan analisis data yang dihitung dengan SPSS diperoleh nilai Sig (P Value) = 0,000 dan =0,05. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak karena Sig (P Value) =0,000 < =0,05. Angka korelasi menunjukkan 0,869, artinya interpretasi korelasi sangat kuat. Artinya penguasaan kosakata penting untuk kemampuan membaca dan juga fakta menunjukkan bahwa skor kosakata dapat mendukung skor membaca.