Hubungan antara Tingkat Welas Diri (Self-Compassion) dengan Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa Tingkat Akhir PSIK FKUB
Main Author: | Noor Azizah, Alfi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/185445/1/ALFI%20NOOR%20AZIZAH.pdf http://repository.ub.ac.id/185445/ |
Daftar Isi:
- Stresor akademik menjadi faktor utama yang memicu terjadinya stres pada mahasiswa. Tingkat welas diri merupakan strategi koping yang dapat membantu menurunkan tingkat stres pada seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat welas diri dengan tingkat stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan melibatkan 90 mahasiswa keperawatan tingkat akhir di program studi ilmu keperawatan Universitas Brawijaya. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Kuesioner yang digunakan adalah self-compassion scale (SCS) dan student nurse stress index (SNSI) yang telah dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada sebagian besar mahasiswa memiliki tingkat welas diri yang tinggi dan tingkat stres akademik yang sedang. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat welas diri dengan tingkat stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Semakin tinggi tingkat welas diri maka semakin ringan tingkat stres akademik yang dialami oleh mahasiswa. Hal ini penting bagi institusi pendidikan untuk memberikan pelatihan self-compassion untuk menurunkan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir.