Pengaruh Fitur Produk, Lifestyle dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Brand Switching Pada Pengguna Smartphone Android ke iPhone (Studi Pada Mahasiswa Aktif Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang)

Main Author: Julesman, Dinda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.ub.ac.id/185318/1/Dinda%20Julesman.pdf
http://repository.ub.ac.id/185318/
Daftar Isi:
  • "Smartphone adalah telepon selular yang perangkatnya terdiri dari mikroprosesor dan memori. Salah satu Smartphone yang sedang menjadi pangsa pasar yaitu iPhone. Beberapa penelitian menemukan bahwa Smartphone telah menjadi suatu hal yang memiliki peran penting selama melakukan aktivitas sehari-hari atau kehidupan sosial dikarenakan terjadinya peningkatan kualitas merek (Rajkumar et al., 2012). Puncaknya pada tahun 2019, Apple menduduki posisi pertama dengan market share tertinggi sebesar 21,3% dengan shipments 78,4%. Walaupun selisih dengan smartphone berbasis android tidak terlalu jauh akan tetapi ini menjadi puncak bagi perusahaan Apple. Selain itu, sebuah survei yang dilakukan SellCell terhadap 2.000 responden menyebutkan bahwa banyak pengguna Android yang akan segera beralih ke iOS menjelang perilisan iPhone 12 (Wahyu, 2020). Brand switching merupakan suatu keadaan di mana merek kehilangan pelanggan setia dari pesaing. Brand switching menjadi lebih kompleks karena konsumen memiliki akses yang mudah untuk mendapatkan informasi tentang berbagai keunggulan merek produk. Berdasarkan paparan konsep dan penelitian terdahulu terkait brand switching, maka fenomena brand switching menarik untuk diteliti lebih lanjut. Dalam konteks penelitian sekarang ini peneliti tertarik untuk memahami apakah terdapat pengaruh fitur produk, lifestyle dan kelompok referensi mengenai tindakkan brand switching pada pengguna smartphone pada awalnya menggunakan android kini beralih menggunakan iPhone. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pada Fitur Produk terhadap keputusan Brand Switching pengguna smartphone android ke iPhone dari seluruh mahasiswa aktif perguruan tinggi negeri di Kota Malang, (2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Lifestyle terhadap keputusan Brand Switching pengguna smartphone android ke iPhone dari seluruh mahasiswa aktif perguruan tinggi negeri di Kota Malang, (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Kelompok Referensi terhadap keputusan Brand Switching pengguna smartphone android ke iPhone dari seluruh mahasiswa aktif perguruan tinggi negeri di Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur produk, lifestyle dan kelompok referensi menunjukkan pengaruh signifikan terhadap brand switching pada pengguna android ke iPhone,"