ANALISIS STRATEGI BISNIS UMKM DENGAN PENDEKATAN METODE SWOT-IE DAN QSPM (STUDI KASUS CV. AULIA MOTOR DEPOK)

Main Author: Putri Renosuri Manti, Yuka
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/185307/1/YUKA%20PUTRI%20RENOSURI%20MANTI.pdf
http://repository.ub.ac.id/185307/
Daftar Isi:
  • CV. Aulia Motor Depok merupakan salah satu industri yang bergerak di bidang otomotif yang berlokasi di di Jl. Sentosa Raya No.8a, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Dalam menjalankan penjualannya, sebelum pandemi COVID-19, penjualan CV. Aulia Motor Depok cenderung fluktuatif dan selama pandemi COVID-19, penjualan cenderung stabil namun tidak signifikan. Walau demikian, target penjualan CV. Aulia Motor Depok tidak pernah tercapai setiap bulannya. Selain itu, terjadi permasalahan pada sumber daya manusia, dimana para pekerja mengeluhkan pekerjaan yang cenderung banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan dan menilai kondisi perusahaan secara internal menggunakan matriks IFE dan kondisi eksternal menggunakan matriks EFE untuk bisa mendapatkan perumusan strategi yang tepat agar dapat meningkatkan jumlah penjualan dan tercapainya target penjualan. Perumusan strategi dilakukan dengan bantuan matriks IE dan matriks SWOT untuk mendapatkan alternatif-alternatif strategi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan tujuh alternatif strategi yang dapat diimplementasikan oleh perusahaan setelah melakukan perhitungan menggunakan QSPM. Strategi yang direkomendasikan berdasarkan perhitungan QSPM sesuai dengan urutan yaitu (1) Membuka online shop dan menjalin kerjasama dengan pihak ketiga.; (2) Melakukan kegiatan promosi yang lebih optimal; (3) Mengembangkan desain kemasan dari produk pembelian; (4) Membuat tagline/slogan dari perusahaan dengan mengunggulkan kualitas produk, harga, dan pelayanan yang diberikan; (5) Melakukan rekrutmen untuk pekerja digital marketing dan mengadakan pelatihan digital marketing untuk membuka online shop ; (6) Membuat e-katalog produk dan menampilkan dokumentasi pembelian pelanggan di masa lalu; (7). Bekerja sama dengan bengkel untuk menjadi pemasok aksesoris motor.