Pengembangan Buku Ajar Bahasa Inggris Berbasis Kearifan Lokal dan Kurikulum 2013 Untuk Siswa Kelas Tiga Sekolah Dasar
Main Author: | Hidayat, Rizka Septin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/185218/1/Rizka%20Septin%20Hidayat.pdf http://repository.ub.ac.id/185218/ |
Daftar Isi:
- Buku bahasa Inggris merupakan salah satu hal yang penting dalam mendukung proses pembelajaran bahasa Inggris untuk anak anak. Selain itu, buku bahasa inggris juga belum tersedia secara official karena pelajaran bahasa Inggris bukan lagi pelajaran pokok di sekolah dasar. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan English textbook sesuai dengan kearifan lokal dan kurikulum 2013 untuk sekolah dasar kelas tiga. Penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) bedasarkan Borg & Gall model. Penelitian ini dilakukan dengan 5 tahapan yaitu principle of product development, syllabus development, expert’s validation, operational product revision, and final product. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner, interview, dan lembar validasi. Peneliti menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis data. Berdasarkan data analisis dari validasi, data menunjukan bahwa buku valid dan dapat digunakan. Respon dari ahli pada lembar validasi menunjukan bahwa buku yang dikembangkan sangat menarik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran di setiap bab. Peneliti menyarankan agar peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian ini dan melakukan Try-out.