Perilaku Konsumtif Penggemar Manga Komunitas Komik Indonesia Dan Faktor Pendorongnya
Main Author: | Alifianti, Pricylia Wulanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/185208/1/Pricylia%20Wulanda.pdf http://repository.ub.ac.id/185208/ |
Daftar Isi:
- Perilaku konsumtif merupakan perilaku mengonsumsi suatu produk secara berlebihan dan tidak rasional. Perilaku konsumtif biasanya lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan. Seseorang dengan perilaku konsumtif akan membeli produk yang memiliki keistimewaan tersendiri bagi mereka. Perilaku konsumtif dapat dilihat dari penggemar manga pada komunitas Komik Indonesia yang terdapat pada aplikasi Discord. Mereka rela menghabiskan sebagian besar uangnya untuk membeli manga yang diinginkan. Mulai dari manga terbitan lokal hingga manga impor yang memiliki perbandingan harga yang jauh lebih tinggi. Berdasarkan pendapat ahli, terdapat beberapa aspek dan faktor pendorong yang menyebabkan seseorang berperilaku konsumtif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana perilaku konsumtif penggemar manga pada komunitas Komik Indonesia serta apa saja faktor pendorongnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara kepada empat penggemar manga. Hasil penelitian menunjukkan adanya pembelian secara impulsif (impulsive buying), pemborosan (wasteful buying) dan mencari kenangan (nonrational buying). Lalu, faktor pendorong penggemar manga dalam berperilaku konsumtif yakni disebabkan oleh adanya faktor budaya, faktor sosial yang terbagi menjadi kelompok referensi dan keluarga, faktor pribadi yang terbagi menjadi usia dan tahap siklus hidup, dan gaya hidup, serta faktor psikologis yang terbagi menjadi motivasi, persepsi, sikap dan keyakinan