Pengembangan Aplikasi Pemesanan Sparepart Sepatu Dengan Memanfaatkan API Telegram Studi Kasus Pada Reparasi Samta Sepatu Malang

Main Author: Surya Hakim, Rezki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/185123/1/Rezki%20Surya%20Hakim.pdf
http://repository.ub.ac.id/185123/
Daftar Isi:
  • "Samta sepatu adalah sebuah toko yang menyediakan aneka bahan pembuatan sepatu dan menerima jasa service sepatu yang berada di kota malang . Produk yang ditawarkan Samta sepatu seperti menyediakan bahan bahan pembuatan sepatu seperti tali sepatu, outsole, heelcap, toecap, insole, dan lain lain. Setiap pembelian produk konsumen bisa datang melihat lihat dan memilih langsung atau dengan cara pemesanan online seperti melalui media sosial seperti Facebook ataupun Instagram dimana samta sepatu memasarkan produknya. Tetapi dari beberapa media itu terkadang konsumen harus mengubungi terlebih dahulu untuk produk apa yang ingin dibeli atau digunakan tanpa mengetahui persediaan produk yang di update dalam media sosial tersebut. Maka dari itu dibuatlah aplikasi pemesanan sparepart sepatu yang bisa memberi informasi persediaan produk serta menampilkan notifikasi pada aplikasi telegram. Aplikasi ini dikembangkan dengan metode prototype. Metode prototype merupakan metode yang paling banyak digunakan. Metode ini dipilih karena memiliki banyak kelebihan dan lebih mudah untuk diterapkan kedalam pengembangan aplikasi. Salah satunya adalah adanya komunikasi yang baik antara pengembang dan pelanggan. Dari observasi didapatkan beberapa kebutuhan fungsional yang kemudian dimodelkan dalam bentuk diagram UML. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan implementasi kode program menggunakan bahasa pemrograman php. Setelah tahap perancangan dan implementasi selesai dilakukan maka selanjutnya dilakukan pengujian dengan menggunakan metode blackbox dan usability testing. Pada pengujian blackbox mendapatkan hasil 100% valid pada setiap fungsionalnya. Dan pada pengujian usability yang dilakukan dengan metode system usability scale mendapatkan skor sebesar 78,5. Skor tersebut mencerminkan bahwa aplikasi pengelolaan stok barang masuk dalam predikat C (Good) dan rentang penerimaan berada pada kategori accaptable."