Analisis Isi “When English Rings the Bell” untuk siswa kelas VIII SMP
Main Author: | Oldy, Moch. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/185089/1/mohammad%20oldy.pdf http://repository.ub.ac.id/185089/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan buku siswa “When English Rings the Bell” untuk siswa kelas VIII SMP dengan ranah kognitif dan afektif pembelajaran taksonomi bloom. Sebagaimana hari ini, untuk mengaplikasikan buku yang tepat dan cocok dengan siswa menjadi sangat krusial khususnya buku yang diharapkan mampu untuk mendorong kemampuan kognitif dan affektif pada siswa Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif sebagai metode penelitiannya. Data diambil dari sumber utama yaitu buku siswa berjudul “When English Rings the Bell” yang ditulis oleh Kementerian Pendidikan Republik Indonesia. Peneliti menganalisis buku teks berdasarkan teori taksonomi bloom ditinjau dari ranah kognitif dan afektif dengan mencari kata kerja operasional yang ada pada materi dan tugas yang ada pada buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku “When English Rings the Bell” secara kognitif dan afektif disetujui untuk digunakan siswa dan guru dalam proses belajar mengajar. Peneliti menemukan 368 kata kerja operasional ditinjau dari ranah kognitif pembelajaran. Pada ranah afektif pembelajaran, peneliti menemukan 183 verba operasional. Oleh karenanya, ini menunjukkan bahwa “When English Rings the Bell” dapat memprovokasi domain kognitif dan afektif belajar siswa. Materi dan tugas dalam buku sangat berkaitan erat dengan taksonomi bloom pada tataran HOTS (High Order Thinking Skill) dan LOTS (Low Order Thinking Skill) dan hasil penilaian pendidikan nasional dalam Permendikbud 2016 tentang taksonomi bloom. Oleh karena itu, materi dan tugas dalam buku lebih kreatif, lebih beragam dan menantang. Akibatnya, buku tersbut membuat siswa merasa lebih terlibat dalam pembelajaran dan diharapkan untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran Pada bagian akhir, analisis buku memerlukan beberapa saran dalam upaya untuk memperbaiki buku. Dalam penelitian ini, saran untuk pengembang materi dan peneliti selanjutnya. Bagi pengembang materi perlu adanya modifikasi kegiatan dan penilaian siswa dalam buku agar lebih menyesuaikan dengan tingkat belajar siswa. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan yang telah diperoleh siswa pada bab sebelumnya. Bagi peneliti selanjutnya akan lebih baik untuk mengamati terlebih dahulu penerapan buku di kelas agar hasil observasi dan aplikasi pengajaran lebih sinkron dengan hasil analisis yang lebih baik