Mengetahui Persepsi Siswa terhadap Penggunaan Aplikasi Video Conferencing untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di tengah Pandemi Covid-19
Main Author: | Jannah, Miftahul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/185077/1/Miftahul%20Jannah.pdf http://repository.ub.ac.id/185077/ |
Daftar Isi:
- Covid-19 yang sudah mewabah di seluruh penjuru dunia termasuk di Indonesia menimbulkan dampak yang cukup besar dalam beberapa aspek kehidupan salah satunya aspek pendidikan. Adanya covid-19 membuat seluruh pembelajaran dilakukan secara online menggunakan beberapa aplikasi pembelajaran berbasis teknologi, salah satunya yaitu aplikasi video conference. Aplikasi video conference memiliki peran yang cukup penting dalam proses pembelajaran online karena dapat mengganti proses tatap muka yang biasanya digunakan dalam kelas tradisional. Dalam penggunaan aplikasi video conference, tentunya terdapat persepsi yang berbeda yang muncul dari mahasiswa. Penting sekali mengetahui persepsti tersebut agar dosen dapat mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki, ditambahkan, dikurangi, dll agar pembelajaran online dapat berjalan secara maksimal. Dengan mempertimbangkan alasan tersebut, peneliti melakukan sebuah survey pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya untuk mengetahui persepsi mereka tentang penggunaan aplikasi video conference untuk belajar bahasa Inggris ditengah pandemic covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei dalam proses pengumpulan data. Peneliti menggunakan kuesioner yang berisi 10 item sebagai instrumen penelitian ini. Penelitian ini memiliki responden yang berjumlah 135 orang dari seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya tahun ajaran 2017 sampai 2020. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan SPSS versi 17.0. dan Microsoft Excel 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi yang positif terhadap penggunaan aplikasi konferensi video untuk belajar bahasa Inggris di tengah pandemi covid-19. Dengan prosentasi skor rata-rata 87,7%, sebagian besar siswa setuju bahwa aplikasi konferensi video yang mereka gunakan cukup efisien dalam belajar bahasa Inggris selama pandemi. Mereka menganggap aplikasi yang mereka gunakan mudah diaplikasikan dalam proses pembelajaran online. Mereka bisa mendapatkan masukan/feedback langsung dari dosen. Selain itu, aplikasi yang mereka gunakan dapat menggantikan ruang kelas tradisional menjadi kelas online selama masa pandemi. Hal ini dapat membantu siswa untuk mendukung peningkatan kemampuan bahasa Inggris mereka. Sebagian besar partisipanviii percaya bahwa aplikasi konferensi video yang mereka gunakan sangat menyenangkan, praktis, ekonomis, dan terjangkau