Boneka Kayu Sebagai Ide Dalam Penciptaan Seni Grafis

Main Author: Mahardhika, Mega
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/185069/1/mega%20mahardhika.pdf
http://repository.ub.ac.id/185069/
Daftar Isi:
  • adalah benda mati dan berfungsi sebagai mainan mengingatkan penulis dengan kepribadian penulis yang pasif dalam berbagai hal. Selain dari fungsi yang dimilikinya, sifat kekakuan yang dimiliki boneka kayu mengingatkan penulis dengan sisi gelap tingkah laku manusia dalam siklus kehidupan. Ide gagasan tersebut menjadi tema besar dalam penciptaan karya seni grafis ini dengan tujuan sebagai autokritik terhadap kondisi manusia saat ini. Penulis memiliki ide untuk memvisualisasikan tingkah laku manusia yang diambil dari pengalaman pribadi dan mempresentasikannya ke dalam objek boneka kayu sebagai ide visual penggambaran esensi manusia, watak, dan perilakunya dalam berinteraksi sosial. Metode penciptaan yang digunakan: Eksplorasi, Perancangan, dan Perwujudan. Proses eksplorasi meliputi pencarian ide, konsep visual, sekaligus mencari sumber data yang mendukung, kemudian diolah hingga menjadi gagasan baru. Dilanjutkan tahap perancangan, tahap ini merupakan proses realisasi dari ide gagasan ke dalam bentuk sketsa. Tahap terakhir yaitu perwujudan, tahap ini penulis mulai mengolah ide dan menciptakan karya dengan dua teknik pengolahan yaitu teknik grafis cetak tinggi dan teknik grafis sablon crayon atau silk screen. Hasil karya penciptaan berjumlah 7 buah karya dengan tema yang berbeda – beda. Setiap karya menampilkan unsur figuratif dari boneka kayu sebagai simbol personifikasi manusia. Perwujudan karya seni dengan judul “Boneka Kayu Sebagai Ide Dalam Penciptaan Seni Grafis” diharapkan bisa menjadi media refleksi diri agar lebih bijak dalam menyikapi segala sesuatu yang ada di sekitar