"PENERAPAN ANALISIS JALUR UNTUK MENGETAHUI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN OJEK ONLINE (Studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya) "

Main Author: Pratama, Shandyka
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.ub.ac.id/184922/1/Shandyka%20Pratama.pdf
http://repository.ub.ac.id/184922/
Daftar Isi:
  • "ANALISIS JALUR UNTUK MENGETAHUI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN OJEK ONLINE (Studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya) ABSTRAK Membangun loyalitas adalah cara paling efektif untuk mencapai pertumbuhan laba secara konstan bagi suatu perusahaan, di mana loyalitas tersebut akan menentukan berapa lama suatu perusahan akan bertahan terhadap persaingan yang ada. Grab sebagai salah satu perusahaan jasa transportasi online di Kota Malang memerlukan suatu strategi pemasaran agar menciptakan pelanggan yang puas dan loyal. Pada penelitian ini, faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan yaitu kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, dan kepercayaan pelanggan. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Brawijaya dengan responden sebanyak 100 mahasiswa yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Data skor (diskrit) diubah menjadi Likert (kontinu) dengan metode Summated Rating Scale dan dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua asumsi analisis jalur telah terpenuhi dengan keragaman data yang dapat dijelaskan oleh model sebesar 73% sedangkan 27% sisanya dijelaskan oleh peubah lain. Diantara ketiga peubah yang ada, kepuasan pelanggan memiliki pengaruh total paling besar terhadap loyalitas pelanggan ojek online yaitu sebesar 0.463. Kata Kunci : Analisis Jalur, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan"