Correlation Between Students’ Public Speaking Achievement and Their Vocabulary Mastery
Main Author: | Rocki Ulhaq, Iqbal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/184897/1/IQBAL%20ROCKI%20ULHAQ.pdf http://repository.ub.ac.id/184897/ |
Daftar Isi:
- Berbahasa Inggris adalah bahasa yang dominan digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia baik lisan maupun tulisan, karena itu adalah bahasa pergaulan yang digunakan untuk komunikasi internasional ke semua aspek kehidupan manusia seperti dalam pendidikan, ekonomi, politik, dan setiap bidang komunikasi. Oleh karena itu, kemampuan berbicara dikategorikan sebagai keterampilan utama yang harus dikuasai siswa. Namun, siswa Indonesia sebagai pembelajar EFL masih memiliki beberapa masalah dengan pembelajaran bahasa asing mereka terutama dalam berbicara. Masalah-masalah ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kurangnya motivasi,antar bahasa, dan yang paling krusial yaitu penguasaan kosa kata. Mempertimbangkan alasan tersebut, peneliti melakukan studi korelasional dalam konteks EFL untuk memperkaya studi. Itulah sebabnya peneliti melakukan penelitian saat ini pada mahasiswa tahun kedua sarjana di kelas Berbicara Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Brawijaya. Studi ini membahas tentang hubungan antara prestasi Public Speaking siswa dan penguasaan kosa kata mereka. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode korelasi, tes kosa kata dan skor akhir mahasiswa sebagai instrumen. Ada total 30 soal tes kosa kata yang direspon oleh 56 siswa dalam 2 kelas Public Speaking dalam rangka menjawab masalah penelitian ini yaitu apakah ada korelasi antara prestasi Public Speaking siswa dan penguasaan kosa kata mereka?. Kemudian, dalam menganalisis data, Peneliti menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa korelasi antara dua variabel yang merupakan prestasi Public Speaking siswa dan penguasaan kosa kata mereka menunjukkan korelasi yang kuat. Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa koefisien korelasi antara prestasi Public Speaking siswa(X) dan penguasaan kosa kata mereka (Y) adalah 0.627 dikategorikan memiliki korelasi sedang sebagai korelasi yang dianggap signifikan pada tingkat 0,01. Sedangkan nilai P adalah .000 <0,01 yang menunjukkan bahwa kedua variabel menunjukkan korelasi yang signifikan. Dapat diasumsikan bahwa siswa dengan tingkat penguasaan kosa kata yang tinggi juga memiliki tingkat kemampuan berbicara di depan public yang tinggi