Peran Visual Novel Dalam Mempengaruhi Kemampuan Bahasa Jepang Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Brawijaya Angkatan 2016 dan 2018.

Main Author: Herawan, Hanif
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/184791/1/Hanif%20Herawan.pdf
http://repository.ub.ac.id/184791/
Daftar Isi:
  • Visual novel meruapakan salah satu genre game yang berasal dari Jepang. Saat ini sudah banyak visual novel Jepang yang masuk Indonesia, bahkan ada juga visual novel asli Indonesia. Karena visual novel berasal dari Jepang, maka baik bahasa percakapannya maupun audionya menggunakan bahasa Jepang. Salah satu hal yang menjadikan visual novel unik adalah pemain dapat menentukan kemana alur ceritanya, sehingga ending dari cerita visual novel sangat bergantung pada keputusan pemain. Maka dari itu demi mendapatkan ending yang diinginkan pemain setidaknya harus memiliki kemampuan bahasa Jepang yang baik. Di Program Studi Sastra Jepang Universitas Brawijaya, tentunya mahasiswanya mempunyai kemampuan bahasa Jepang. Lalu dari sekian banyaknya mahasiswa terdapat beberapa mahasiswa yang aktif bermain visual novel baik sebelum menjadi mahasiswa maupun sesudah. Karena mengetahui hal tersebut penulis tertarik untuk mengangkat rumusan masalah tentang bagaimana peran visual novel dalam mempengaruhi kemampuan bahasa Jepang mahasiswa Sastra Jepang Universitas Brawijaya Angkatan 2016 dan 2018. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Teori Behaviorsime dalam mengkaji perubahan kemampuan mahasiswa Sastra Jepang Universitas Brawijaya. Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa visual novel dapat berperan sebagai media pembantu dalam pengembangan kemampuan bahasa Jepang mahasiswa. Hal tersebut didasari dari perubahan nilai KHS dan JLPT pada empat dari lima mahasiswa.