Pengaruh Penggunaan E-Learning dan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa
Main Author: | Seftiadi Rahman, Galih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/184777/1/Galih%20Seftiadi%20Rahman.pdf http://repository.ub.ac.id/184777/ |
Daftar Isi:
- E-learning merupakan pembelajaran yang menggunakan bantuan teknologi dalam proses kegiatan belajar mengajar. Kesederhaan dalam mengakses e-learning membuat mahasiswa dapat melaksanakan pembelajaran dari mana saja dan kapan saja. Pelaksanaan e-learning juga dibantu dengan penggunaan smartphone. Namun dari penggunaan e-learning dan smartphone dalam pembelajaran juga memiliki peran dalam motivasi belajar mahasiswa dalam masa pandemi seperti saat ini. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk meneliti tentang Pengaruh Penggunaan E-Learning dan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survey. Data penelitian diperoleh dari hasil kuesioner terhadap 71 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan adalah uji regresi berganda, korelasi dan uji hipotesis menggunakan uji T dan uji F. Hasil peneitian pada hipotesis pertama menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan e-learning terhadap motivasi belajar dengan hasil 5,970 > 1,996 (thitung > ttabel), hipotesis kedua menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar dengan hasil 7,949 > 1,996 (thitung > ttabel), dan hipotesis ketiga diperoleh nilai 5,531 > 3,20 (fhitung > ftabel). Lalu untuk hasil koefisien korelasi menunjukkan angka 0,762 yang berarti tingkat hubungan penggunaan e-learning dan smartphone terhadap motivasi belajar mahasiswa adalah kuat.