Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan WhatsApp untuk Pembelajaran Menulis (Writing) Selama Pandemi COVID-19

Main Author: Rosalinda, Elvira
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/184750/1/ELVIRA%20ROSALINDA.pdf
http://repository.ub.ac.id/184750/
Daftar Isi:
  • Keterampilan menulis adalah salah satu yang penting dan sangat diperlukan bagi siswa EFL. Keterampilan ini merupakan keterampilan kompleks yang tidak dapat dipelajari secara mandiri. Meskipun siswa belajar dari rumah, mereka membutuhkan pemahaman teori dan bimbingan yang komprehensif dari guru selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru memanfaatkan banyak media dan aplikasi yang dapat mendukung pembelajaran online ini dengan berbagai pertimbangan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi siswa kelas IX SMPN 04 Pare tentang penggunaan grup WhatsApp untuk pembelajaran menulis. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus karena penulis ingin mengidentifikasi persepsi siswa kelas IX C di SMPN 4. Sebanyak 31 siswa mengisi angket yang telah disebarkan. Hasil temuan disajikan dalam bentuk statistik deskriptif. Penulis menggunakan mean sebagai ukuran untuk mengetahui persentase persepsi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki respon positif terhadap penggunaan WhatsApp dalam pembelajaran menulis. Adapun saran yang diberikan kepada guru yaitu; teknik pembelajaran yang diterapkan oleh guru harus terus dilakukan di masa depan, guru juga harus menetapkan batas waktu pengiriman tugas dan guru harus memberikan umpan balik korektif positif kepada siswa. Sedangkan bagi siswa hendaknya meningkatkan rasa percaya diri dalam mengirimkan hasil kerjanya ke grup. Untuk peneliti selanjutnya dapat melakukan wawancara untuk mendapatkan data kualitatif mendalam ataupun studi korelasi antara persepsi siswa dengan prestasi menulis siswa