KONSTRUKSI IDENTITAS DAN REPRESENTASI GAYA HIDUP ANAK MUDA: STUDI KASUS FANBASE IKONIC MALANG

Main Author: Findianti, Defi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/184694/1/Defi%20Findianti.pdf
http://repository.ub.ac.id/184694/
Daftar Isi:
  • Budaya populer asal Korea Selatan atau yang sering disebut Hallyu menjadi sebuah fenomena yang semakin digemari oleh kalangan anak muda di Indonesia. Saat ini banyak dijumpai kelompok-kelompok penggemar K-Pop seperti iKONIC Malang. Kehadiran kelompok penggemar ini membentuk sebuah gaya hidup yang konsumtif bagi para anggotanya. Hal ini terjadi karena dalam sebuah budaya populer terdapat kapitalisme industri hiburan yang dijembatani oleh besarnya media massa. Budaya populer seperti Korean wave yang begitu digemari saat ini merupakan lanjutan dari budaya populer yang sebelumnya sudah ada dari negara lain. Hal ini yang mendasari penggemar di Indonesia bisa menerima Korean wave khususnya K-Pop dengan baik pada hari ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji ruang lingkup komunitas membentuk identitasnya melalui gaya hidup anggotanya. Metode penelitian yang dilakukan melalui observasi partisipasi dan dengan metode penulisan kualitatif yang bersifat deskriptif agar dapat mendeskripsikan secara terperinci hal-hal yang terjadi di lapangan. Hasil dari penelitian ini yaitu terbentuknya sebuah gaya hidup konsumtif yang dilakukan oleh anggota iKONIC Malang. Mengeluarkan uang ratusan ribu bahkan hingga jutaan menjadi bentuk pemenuhan terhadap benda-benda ataupun aktivitas yang bisa mendukung sang idol. Sebagai pemenuhan terhadap gaya hidupnya, anak muda di Kota Malang bergabung dalam sebuah kelompok penggemar untuk mendapatkan identitas subkultur mereka sebagai penggemar. Merchandise yang mereka miliki menjadi simbol atribut subkutur mereka sebagai penggemar