YOUNG LEARNERS’ PERCEPTION ON USING ANIMATED STORYBOOK IN VOCABULARY LEARNING AND ENVIRONMENTAL AWARENESS
Main Author: | Mentari, Dara Ninggar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/184678/1/DARA%20NINGGAR%20MENTARI.pdf http://repository.ub.ac.id/184678/ |
Daftar Isi:
- Kosa kata adalah salah satu komponen Bahasa Inggris yang pertama kali dipelajari oleh anak-anak di negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Penguasaan kosakata sangat diperlukan untuk menguasai Bahasa Inggris, dan sekolah dasar dipercaya sebagai salah satu tempat pijakan terbaik bagi anak-anak untuk mulai mempelajari Bahasa Inggris. Aspek kesadaran lingkungan menjadi salah satu aspek penting dalam penelitian ini untuk menjadikan pembelajaran ini konstektual dan menumbuhkan pelajar dengan kesadaran untuk melestarikan lingkungan di sekitar mereka. Dengan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan survei untuk 100 siswa kelas 5 dan 6 di SDN Bareng 3 Malang sebagai partisipan. Dua video buku cerita animasi berjudul „Sumber Nagan, the Fountain of Life’ dan „Sumber Biru, the Healing Fountain’ diberikan kepada siswa dan kuesioner dengan 10 pernyataan mengenai persepsi siswa yang terbagi dalam tiga bagian; animasi, pembelajaran kosakata, dan kesadaran lingkungan. Penelitian ini menghasilkan sebanyak 92,5% responden memiliki persepsi positif terhadap penggunaan video buku cerita animasi dalam pembelajaran kosa kata Bahasa Inggris dan kesadaran lingkungan. Ini disimpulkan bahwa video buku cerita animasi dapat menjadi cara yang sangat baik untuk mengajarkan kosakata Bahasa Inggris dan juga kesadaran lingkungan kepada siswa sekolah dasar