A Case Study of Lecturer’s Direct Corrective Feedback in Thesis Proposal Writing Class at Universitas Brawijaya

Main Author: Samuel Budiawan, Dani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/184671/1/Dani%20Samuel.pdf
http://repository.ub.ac.id/184671/
Daftar Isi:
  • Kemampuan menulis merupakan kemampuan yang paling kompleks dikarenakan membutuhkan tata bahasa, kohesi, koheren, dan kosa kata yang baik. Salah satu solusi yang dapat diterapkan dalam pengajaran writing adalah memberikan umpan balik langsung. Beberapa penelitian terdahulu menginvestigasi penggunaan umpan balik melalui metode kualitatif. Dengan mengadakan penelitian ini akan membantu dan sebagai refkelsi dalam pengajaran di kelas Thesis Proposal Writing di Universitas Brawijaya. Untuk mengadakan penelitian ini, peneliti menggunakan kualitatif seperti studi kasus. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan wawancara dan ceklist observasi. Panduan wawancara diadopsi dari Han dan Hyland (2015) dan Rajab, dkk, (2016). Peneliti menemukan bahwa siswa merasa puas, terbantu, dan termotivasi dengan umpan balik. Mahasiswa juga langsung memperbaiki konsep tulisan setelah menerima umpan balik dari dosen. Ini menandakan bahwa siswa memiliki sikap yang positif terhadap umpan balik dari dosen. Penelitia juga menginvestigasi kesulitan siswa dalam menulis konsep tulisan mereka. Ini menunjukkan bahwa siswa mengalami permasalahan pada vinguistic (tata bahasa), permasalahan kognitif (mengorganisir dan mengonsep), dan permasalahan psikologi (membutuhkan enegeri, mood, dan motivasi) Selain itu, peneliti juga meneliti mengenai proses bagaimana dosen memberikan umpan balik. Peneliti menemukan bahwa alasan dosen memberikan umpan balik adalah untuk membantu siswa untuk menulis konsep tulisan mereka karena menulis membutuhkan tata bahasa yang baik, koheren, kohesi, dan kosa kata yang baik. Dosen juga menemukan masalah ketika memberikan umpan balik seperti jumlah mahasiswa yang ada di kelas, masalah waktu, dan perbedaan kemampuan para mahasiswa. Dosen juga menunjukkan bagaimana umpan balik yang baik adalah ketika umpan balik dapat menjadi contoh bagi mahasiswa untuk menulis. Penlitin menyarankan untuk penelitian selanjutnya dapat melakukan eksperimen untuk melihat apakah umpan balik tersebut efektif, terlebih bagi mahasiswa semester 7