Evaluasi Desain Antarmuka Aplikasi Mobile BPJS Ketenagakerjaan Menggunakan Heuristic Evaluation

Main Author: Muhammad, Fahry Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/1846/1/Fahry%20Nur%20Muhammad.pdf
http://repository.ub.ac.id/1846/
Daftar Isi:
  • BPJSTK Mobile Adalah Aplikasi Milik BPJS Ketenagakerjaan Yang Memiliki Rating Yang Tinggi Pada Google Play Yaitu 4.0, Tetapi Memiliki Beberapa Komentar Berupa Keluhan Dan Kekecewaan Pengguna Tentang Fitur Yang Hilang. Fitur Yang Hilang Dapat Menyebabkan Kepuasan Pengguna Menjadi Berkurang. Kepuasan Pengguna Adalah Salah Satu Faktor Penentu Tingkat Usability. Penelitian Ini Dilakukan Dengan Menggunakan Metode Evaluasi Heuristic Untuk Menemukan Masalah Usability Dalam Desain Antarmuka Pengguna. Ada Sembilan Prinsip Heuristic Yang Digunakan, Yaitu: Visibility Of System Status, Offer Real World Objects, User Control And Freedom, Consistency And Standarts, Error Prevention, Recognition Rather Than Recall, Flexibility And Efficiency Of Use, Aesthetic And Minimalist Design, Dan Help User Recognize, Diagnose, And Recover From Errors. Teknik Pengumpulan Data Digunakan Berupa Dokumen Observasi Dengan Lembar Penilaian, Wawancara, Dan Observasi Dengan Menggunakan Tiga Evaluator. Evaluasi Dilakukan Dengan Menetapkan Prinsip Heuristic Yang Digunakan, Menyusun Instrumen Penelitian, Memilih Evaluator, Dan Melakukan Pengumpulan Data. Evaluasi Menghasilkan 27 Temuan Masalah. Rata-Rata Tingkat Severity Permasalahan Tiap Heuristic Tersebar Dalam Empat Kategori Tingkat Permasalahan, Yaitu: Satu Heuristic Kategori Minor, Tiga Heuristic Kategori Medium, Dua Heuristic Kategoti Major, Dan Dua Heuristic Kategori Catastrophic. Setiap Temuan Masalah Dianalisis Dan Diberikan Rekomendasi Perbaikan Dengan Total 22 Rekomendasi Dengan Merujuk Pada Artikel Ilmiah Atau Jurnal Yang Relevan.