Perancangan Kemasan Produk Minuman Dengan 5 Sense Theory Dan Metode Kansei Engineering (Studi Kasus: Bata Kopi)
Main Author: | Fatturahman, Teknik Industri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/184578/1/Muhammad%20Fatturahman.pdf http://repository.ub.ac.id/184578/ |
Daftar Isi:
- Bata Kopi merupakan kedai kopi yang berada di Malang. Untuk menambah pendapatan di masa pandemi, Bata Kopi mengeluarkan produk baru minuman kemasan ukuran 500 ml dan 1 liter. Namun terdapat kekurangan pada desain produk yang digunakan sekarang, sehingga diperlukan pengembangan pada desain kemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi desain kemasan sekarang dengan metode 5 sense theory dan merancang desain alternatif kemasan yang sesuai dengan keinginan konsumen menggunakan metode kansei engineering. Evaluasi desain dengan 5 sense theory menunjukkan kemasan yang digunakan saat ini memiliki nilai rata-rata 6,41 untuk aspek sight, 6,18 untuk aspek touch, 3,32 untuk aspek smell, 2,43 untuk aspek sound, dan 0 untuk aspek taste. Kemudian dilakukan perancangan desain minuman kemasan dengan menggunakan 12 kata kansei yang dapat merepresentasikan perasaan responden dalam merancang desain alternatif. Dari 8 alternatif desain yang dirancang, terpilih 2 alternatif desain sebagai rekomendasi perbaikan.