PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERALATAN MULTIMEDIA BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN OUTFIT MARKER DI SMK HAYAM WURUK MOJOKERTO

Main Author: Mukti Wardana, Mei
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/184561/1/MEI%20MUKTI%20WARDANA.pdf
http://repository.ub.ac.id/184561/
Daftar Isi:
  • "Terdapat keterbatasan dalam mengakses alat peraga peralatan multimedia karena kondisi pandemi yang diberlakukan pembelajaran secara jarak jauh atau daring pada SMK Hayam Wuruk Mojokerto. Padahal tidak semua siswa memiliki alat peraga untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Maka dari itu dibuatlah aplikasi Android yang berbasis augmented reality untuk memberikan gambaran alat peraga secara nyata. Penelitian ini menggunakan model waterfall dan Unified Modelling Language (UML) ketika melakukan perancangan pada aplikasi Android berbasis augmented reality. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan Unity dan Vuforia untuk menghasilkan aplikasi Android media pembelajaran peralatan multimedia berbasis augmented reality dengan outfit marker. Pengujian aplikasi Android berbasis augmented reality dilakukan untuk mengetahui apakah aplikasi tersebut layak untuk digunakan dengan menggunakan dua teknik yaitu black box testing dan usability testing. Validasi media aplikasi dilakukan oleh ahli media, guru dan siswa menggunakan usability testing dan skala likert 1-5 melalui kuesioner atau angket. Pengujian usability testing yang telah diuji oleh ahli media, guru multimedia dari SMK Hayam Wuruk Mojokerto dan siswa kelas X-MM-1 multimedia dari SMK Hayam Wuruk Mojokerto menunjukkan bahwa aplikasi ini termasuk kriteria ""Baik"" untuk dijadikan sebagai tambahan media pembelajaran. Dari hasil pengujian tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa aplikasi Android media pembelajaran peralatan multimedia berbasis augmented reality dengan outfit marker dapat dikatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci : pengembangan, media pembelajaran, augmented reality, Android, waterfall, black box testing, usability testing."