PENGEMBANGAN KECERDASAN BUATAN OBJEK NPC PADA MICRO-GAMES: KARTING MENGGUNAKAN FINITE STATE MACHINE UNITY
Main Author: | Azzam Al-Ghifari H., M. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/184529/1/M%20AZZAM%20ALGHIFARI%20H.pdf http://repository.ub.ac.id/184529/ |
Daftar Isi:
- "Pengembangan gim adalah sebuah proses pengembangan gim, yang mana proses tersebut memiliki banyak cara, salah satunya melalui game engine. Game Engine adalah sebuah media atau tool untuk mengembangakan gim tanpa harus mengembangkan fungsional-fungsional landasan dari awal, karena game engine sudah menyediakan fungsionalitas-fungsionalitas yang pengembang bisa pahami dan gunakan. Game Engine Unity menyediakan templat sebagai landasan awal pengembangan gim untuk mempercepat proses pengembangan gim. Salah satu templat gim adalah templat Micro-Games: Karting yang bisa diunduh pada situs Asset Store Unity. Templat ini sudah memiliki aset yang langsung bisa digunakan, namun dalam templat tersebut belum terdapat sebuah artificial intelligence (AI) yang bisa digunakan oleh non-playable character (NPC). Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka akan dikembangkan kecerdasan buatan untuk NPC dengan metode pembuat keputusan Finite State Machine pada Unity. Kecerdasan buatan yang dikembangkan adalah representasi perilaku pembalap pada balapan di dunia nyata. Kecerdasan buatan yang dikembangkan diuji dengan dua jenis pengujian yaitu pengujian fungsional dengan metode black box dan pengujian performansi. Hasil pengujian fungsional menunjukkan bahwa kecerdasan buatan yang dikembangkan untuk NPC menggunakan metode Finite State Machines bekerja sangat baik, dan hasil pengujian performansi yang ditunjukkan oleh NPC pada saat dijalankan memiliki performa yang cukup baik terkait dengan kapabilitas untuk menghindari tabrakan."