Evaluasi Kinerja Terminal Bayuangga, Kota Probolinggo
Main Author: | Andini, Meri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/184484/1/Meri%20Andini.pdf http://repository.ub.ac.id/184484/ |
Daftar Isi:
- Terminal Bayuangga merupakan simpul terminal tipe A di Kota Probolinggo. Namun berdasarkan hasil observasi didapatkan rata-rata bus yang keluar dan masuk terminal yakni 487 kendaraan per hari dengan intensitas rata-rata 41 kendaraan/jam. Intensitas tersebut belum memenuhi arus minimun per satuan waktu yakni 50-100 kendaraan/jam. Tujuan penelitian ini adalah menyusun prioritas arahan pengembangan yang dapat diberikan untuk peningkatan kinerja Terminal Bayuangga. Metode analisis yang digunakan untuk kinerja sirkulasi dan ruang adalah Analisis Deskriptif Evaluatif, Analisis Level of Service, Analisis Kebutuhan Ruang Parkir. Sedangkan metode analisis yang digunakan untuk kinerja operasional adalah Analisis Headway dan Analisis Loadfactor. Metode analisis untuk kinerja pelayanan adalah Importance Perfomance Analysis (IPA). Kemudian, penentuan prioritas arahan pengembangan dengan menggunakan Analisis Quality Function Deployment (QFD). Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa pencapaian kinerja Terminal Bayuangga masih jauh dari yang diharapkan. Hasil dari analisis yang didapatkan, kemudian dijadikan pertimbangan dalam menentukan arahan pengembangan. Selanjutnya, arahan pengembangan tersebut dianalisis menggunakan QFD untuk mendapatkan prioritas arahan pengembangan. Berdasarkan kinerja sirkulasi dan ruang didapatkan 3 prioritas utama arahan pengembangan meliputi 1) Penyediaan jalur pemberangkatan untuk angkutan umum bus AKAP; 2) Penyediaan median jalan suatu pemisah fisik jalur kedatangan dan keberangkatan untuk angkutan umum bus AKAP dan bus AKDP; 3) Penyediaan fasilitas yang belum tersedia di terminal. Berdasarkan kinerja operasional didapatkan 1 prioritas utama arahan pengembangan yakni 1) Penetapan headway maksimal ≤ 30 menit. Berdasarkan kinerja pelayanan didapatkan 2 prioritas utama arahan pengembangan meliputi 1) Penyediaan fasilitas keselamatan jalan untuk pejalan kaki; 2) Penyediaan pos, fasilitas dan petugas Kesehatan. Kata Kunci: Terminal Bayuangga, Kinerja Sirkulasi dan Ruang, Kinerja Operasional, Kinerja Pelayanan, Quality Function Deployment