Pengembangan Aplikasi E-Order Service Berbasis Website Dengan Memanfaatkan Payment gateway (Studi Kasus Hotel Lava View)

Main Author: Kurniawan, Irwan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/184443/1/IRWAN%20KURNIAWAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/184443/
Daftar Isi:
  • Hotel Lava View merupakan hotel non-bintang yang terletak di daerah wisata bromo tengger semeru tepatnya di daerah Jawa Timur Kabupaten Probolinggo. Hotel Lava View belum sepenuh nya menerapkan protokol kesahatan yang sesuai dengan standart (WTTC) salah satu contohnya adalah penggunaan buku menu yang tidak steril dan digunakan bergantian oleh beberapa pelanggan serta sistem pembayaran yang tidak mengharuskan pelanggan untuk melakukan transaksi secara digital dapat memicu penyebaran virus corona. Untuk mendukung kebijakan protokol kesehatan tersebut maka dibutuhkan inovasi dalam proses pemesanan makanan,inovasi yang dapat dilakukan dengan membuat sistem pemesanan melalui E-Order yang akan digunakan oleh pelanggan Hotel Lava View sehingga penggunaan buku menu tidak lagi di perlukan , serta sistem pembayaran yang akan dilakukan secara online melalui payment gateway yang akan terintegrasi dengan website pemesanan makanan. Aplikasi ini dikembangkan dengan metode waterfall untuk bahasa pemrograman menggunakan PHP dan framework codeigniter . Proses pengembangan aplikasi dimulai dari analsis kebutuhan yang di modelkan ke dalam use case diagram, Use Case Scenario, serta activity diagram. Kemudian perancangan sistem dimodelkan ke dalam arsitektur sistem, sequence diagram, class diagram, physical data model, serta perancangan API. Selanjutnya implementasi sistem ditulis ke dalam user interface, implementasi database, serta implementasi kode program. Dan yang terakhir dilakukan pengujian mulai dari black box testing, compability testing, dan usability testing. Pada pengujian black box didapatkan hasil 100% menunjukan bahwa semua fitur pada Aplikasi E-Order Service dapat berjalan dengan baik. Pada pengujian compability didapatkan hasil bawah ada 3 permasalahan terbagi menjadi 1 “Major Issues” dan 2 “Minor Issues” yang terakhir pada pengujian usability dilakukan kepada 10 responden didapatkan skor rata rata 86, dengan kesimpulan “ACCEPTABLE” pada penilaian Acceptability Range mendapatkan nilai B pada “GRADE SCALE” dan “EXCELLENT” pada aspek adjectvie ratings.