The Influence of English Phonemic Awareness to Reading Comprehension: A Study on Indonesian EFL Learners

Main Author: Listyarini, Almaviana Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/184425/1/Almaviana%20Ayu%20Listyarini.pdf
http://repository.ub.ac.id/184425/
Daftar Isi:
  • Kesadaran fonemik telah diketahui sebagai salah satu prediktor dalam pemahaman bacaan dalam bahasa Inggris sebagai bahasa pertama. Namun, kesadaran fonemik juga diketahui sebagai sebagai prediktor dalam pemahaman bacaan dalam bahasa kedua. Berbagai studi telah menemukan pengaruh-pengaruh kesadaran fonemik pada pemahaman bacaan dalam bahasa Inggris sebagai bahasa kedua atau bahasa asing, akan tetapi sedikit dari penemuan tersebut yang melibatkan pelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing, khususnya di Indonesia. Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris memiliki fonem yang berbeda yang dapat memengaruhi pemahaman pelajar dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, studi ini bertujuan untuk menginvestigasi korelasi antara kesadaran fonemik dan pemahaman bacaan pelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing, serta mengukur banyaknya pengaruh kesadaran fonemik terhadap pemahaman bacaan mereka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Subjek dalam penelitian ini mencakup 100 mahasiswa semester tiga dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris,pada salah satu universitas di Indonesia. Dalam proses pengumpulan data, terdapat dua jenis tes yang dilakukan dalam penelitian ini, pertama, tes identifikasi fonem yang bertujuan untuk mengukur level kesadaran fonemik, dan kedua, tes pemahaman bacaaan yang bertujuan untuk mengukur kemampuan pemahaman bacaan pada mahasiswa. Dalam penelitian ini, nilai pada setiap variabel kemudian dianalisa untuk mengetahui korelasi antara keduanya. Regresi Linear Sederhana juga digunakan untuk mengesahkan pengaruh kesadaran fonemik pada pemahaman bacaan dalam bahasa Inggris. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kesadaran fonemik memiliki korelasi yang signifikan terhadap pemahaman bacaan, yang ditunjukkan oleh nilai korelasi koefisien (r) antara kedua variabel yang menunjukkan angka .352 dengan level signifikansi .000, sedangkan pada koefisien determinasi (r2) menunjukkan angka .124. Selanjutnya, pada persamaan regresi dari Regresi Linear Sederhana menunjukkan Y = 60.267 + 0.211X, yang berarti jika nilai kesadaran fonemik mengalami kenaikan sebanyak 1 poin, maka nilai pada pemahaman bacaan juga mengalami kenaikan sebanyak 0.211. Kesimpulannya, dapat diartikan bahwa semakin baik kesadaran fonemik yang dimiliki oleh mahasiswa, maka nilai pemahaman bacaan akan semakin baik pula. Dengan kata lain, kesadaran fonemik merupakan salah satu prediktor dalam pemahaman bacaan dalam bahasa Inggris pada pelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing di Indonesia.