Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Ceramah Menggunakan Teknik 3M (Mengamati, Meniru, dan Menambahi) Pada Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 27 Jakarta

Main Author: Oktaviandi, Aldi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/184413/1/ALDI%20OKTAVIANDI.pdf
http://repository.ub.ac.id/184413/
Daftar Isi:
  • Keterampilan menulis teks ceramah siswa akan ditingkatkan melalui teknik 3M (Mengamati, Meniru, dan Menambahi). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian yang diperoleh dari pembelajaran melalui teknik 3M (Mengamati, Meniru, dan Menambahi), keterampilan menulis teks ceramah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 27 Jakarta mengalami peningkatan. Berdasarkan data hasil studi pendahuluan yang dilakukan secara komprehensif, keterampilan menulis teks ceramah siswa mencapai tingkat tuntas sebesar 78,5% yang tuntas dan menyisakan 34,7% tidak tuntas. Kemudian, setelah implementasi pembelajaran melalui teknik 3M (Mengamati, Meniru, dan Menambahi) hasil keterampilan menulis teks ceramah siswa pada siklus I mencapai tingkat tuntas sebesar 81,4% sedangkan pada tingkat tidak tuntas sebesar 18,6%%. Pada siklus II mencapai tingkat tuntas sebesar 83,2%, sedangkan pada tingkat tidak tuntas sebesar 16,8%. Kesimpulannya pembelajaran menulis teks ceramah menggunakan teknik 3M (Mengamati, Meniru, dan Menambahi) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks ceramah pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 27 Jakarta. Oleh karena itu, saran peneliti hendaknya guru mampu memilih media pembelajaran yang bervariatif dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis teks ceramah.