"Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran Rumus Fisika “Momen Gaya” Menggunakan Pendekatan Human Centered Design (HCD)"

Main Author: Yanfirdaus Afandi, Fiqih
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/184338/1/FIQIH%20YANFIRDAUS%20AFANDI.pdf
http://repository.ub.ac.id/184338/
Daftar Isi:
  • "Penyebaran Covid-19 yang begitu cepat telah memaksa pemerintah untuk menutup seluruh sekolah dan menyarankan dilakukannya pembelajaran secara online di rumah. Berbagai upaya dilakukan agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan meskipun tidak ada pertemuan tatap muka secara langsung. pembelajaran secara online terbukti kurang efektif jika diterapkan dalam pembelajaran, dan siswa juga tidak bisa berinteraksi secara langsung dan siswa juga kurang memahami materi yang di sampaikan oleh guru dengan menggunakan aplikasi daring. Tentu saja masalah tersebut juga berdampak bagi mata pelajaran fisika. Fisika yang merupakan salah satu cabang dari IPA dan merupakan ilmu yang berkembang melalui langkah-langkah ilmiah, mulai dari menentukan masalah, Menyusun hipotesis, melakukan uji coba hipotesis melalui eksperimen, membuat kesimpulan, serta penemuan teori dan konsep. Faktor penyebab sebagian siswa tidak menyukai pelajaran fisika yaitu dari cara pandang siswa yang menganggap fisika hanya berisi tentang rumus-rumus atau teori untuk dihafal. Jika ilmu fisika dipandang lebih luas oleh siswa, ilmu fisika memiliki banyak konsep yang harus dipahami secara mendalam dan ilmu fisika sendiri juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu bab atau materi yang terdapat dalam mata pelajaran fisika yaitu momen gaya. Pada masa pandemi seperti ini, beberapa pelajar malas untuk belajar membuka buku serta mencoba teori dan mempraktekannya padahal untuk mengerjakan soal fisika siswa harus mencoba dan mempelajari teori dan rumusnya. Perlunya dilakukan pembelajaran model baru yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. pelajar menginginkan pembelajaran yang baru melalui smartphone atau tablet sehingga siswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Untuk membantu proses belajar, maka dari hal tersebut peneliti ingin memfokuskan proses belajar rumus fisika tentang momen gaya sebagai dasar dari penelitian user experience. Tujuan lain dari penelitian ini yaitu mempermudah siswa dalam mempelajari bab momen gaya dengan cara menerapkan visual gambar pada contoh soal momen gaya sehingga siswa lebih mudah membayangkan soal apa yang akan dikerjakan."