Pengaruh Waktu Gesek dan Diameter Gesek Baja Terhadap Kekuatan Tarik Sambungan Las Gesek Aluminium A6061 dan Baja SS41

Main Author: Ferdiansyah, Febi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/184335/1/febi%20ferdiansyah.pdf
http://repository.ub.ac.id/184335/
Daftar Isi:
  • Febi Ferdiansyah, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Juli 2021, Pengaruh Waktu Gesek dan Diameter Gesek Baja Terhadap Kekuatan Tarik Sambungan Las Gesek Aluminium A6061 dan Baja SS41, Dosen Pembimbing: Yudy Surya Irawan Saat ini manufaktur banyak digunakan dalam dunia industri dan perkembangan teknologinya pun bisa dibilang sangat pesat dimana saat ini pengunaan aluminium untuk pengurangan berat kendaraan sangat dianjurkan agar bagian paduan aluminium, yang memiliki rasio kekuatan terhadap berat yang lebih tinggi, digunakan sebagai penganti bagian baja. Namun, dalam aplikasinya tentu aluminium tidak bisa mengganti semua bagian baja kendaraan khusunya untuk bagian yang mengutamakan kekuatan strukturalnya. Maka dari itu sangat disarankan dalam menurunkan bobot kendaraan yang baik baja dan paduan aluminium harus digunakan dengan pertimbangan kekuatan struktural.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh diameter gesek baja dan waktu gesek terhadap kekuatan tarik sambungan las gesek aluminium A6061 dan baja SS41 . Las gesek atau friction welding merupakan salah satu metode pengelasan solid state dimana panas atau tekanan dari kontak kedua permukaan digunakan untuk membuat sambungan, tetapi tidak terjadi peleburan base metal dan tidak ada filler yang ditambahkan. Proses pengelasan untuk dua material yang tidak sejenis masih jarang dilakukan, dan biasanya menggunakan metode friction welding karena pada metode lainnya hampir tidak mungkin, dan merupakan salah satu solusi dalam memecahkan permasalahan penyambungan logam yang sulit dilakukan dengan pengelasan cair. Pada penelitian ini dilakukan las gesek (friction welding) aluminium A6061 dengan Baja SS41 menggunakan tiga variasi waktu yaitu 5 detik,7 detik,9 detik dan dua variasi diameter gesek baja yaitu 9 mm dan 12 mm rpm.Untuk mengetahui pengaruh waktu gesek dan diameter permukaan gesek baja terhadap kekuatan tarik maka dilakukan pengujian berupa uji tarik. Hasil dari penelitian ini dengan tekanan hidrolik awal sebesar 7 kN dan tekanan hidrolik akhir sebesar 35 kN menghasilkan sambungan las gesek yang memiliki kekuatan tarik ratarata tertinggi sebesar 200.52 MPa terjadi pada variasi diameter gesek baja 9mm dan waktu gesek selama 7 detik. Sedangkan kekuatan tarik rata-rata terendah sebesar 108.14 MPa terjadi pada variasi variasi diameter gesek baja 12mm dan waktu gesek selama 9 detik. Hal itu dipengaruhi oleh fenomena berupa panas yang masuk (heat input) yang terjadi pada saat pengelasan dan perbedaan luas daerah flash yang terbentuk pada kedua variasi tersebut. Kata Kunci: Continuous Drive Friction Welding, Beda Diameter Baja, Kekuatan Tarik, Aluminium A6061,Baja SS41