"Pengaruh Citra Destinasi Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Dengan Mediasi Nilai Pengalaman yang Unggul Dan Keterikatan Tempat (Studi Pada Area Wisata Sejarah Candi Gedong Songo, Semarang, Jawa Tengah) "
Main Author: | Murtini, Sri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/184328/1/SRI%20MURTI.pdf http://repository.ub.ac.id/184328/ |
Daftar Isi:
- "Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1). Menjelaskan nilai pengalaman yang unggul sebagai mediasi yang mendorong citra destinasi wisata terhadap kinerja destinasi wisata; 2). Menganalisa model dan nilai-nilai yang mempengaruhi keinginan berkunjung kembali ke tujuan wisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis fenomenologi. Desain penelitian dilakukan dengan pendekatan eksplanatori. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan 267 subjek penelitian yang terdiri dari wisatawan lokal dan internasional. Metode analisis data dalam pengujian hipotesis. Penelitian ini menemukan tema yang mempengaruhi minat berkunjung kembali (1) citra destinasi wisata, yang terdiri dari: citra damai, citra lingkungan penuh kasih, citra sejarah, dan citra santai; (2) nilai pengalaman yang unggul yang terdiri dari: pengalaman unik, pengalaman tidak terlupakan, nilai pengalaman menarik dan rasa kepuasan; (3) keterikatan tempat, yang terdiri dari: kekhasan, keterlibatan dan luar biasa; dan (4) Minat berkunjung kembali, yang terdiri dari niat mengunjungi kembali di masa depan dan niat untuk berkunjung kembali di lain waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra destinasi wisata tidak secara langsung mempengaruhi minat berkunjung kembali. Penelitian ini membuktikan bahwa mediasi nilai pengalaman yang unggul dan keterikatan tempat berpengaruh pada hubungan antara citra destinasi wisata terhadap minat berkunjung kembali. Model penelitian ini mengintegrasikan konsep minat berkunjung kembali yang berasal dari teori perilaku konsumen dan konsep nilai pengalaman yang unggul yang berasal dari teori nilai yang unggul dan teori pengalaman. Kata Kunci: citra destinasi wisata, nilai pengalaman yang unggul, keterikatan tempat, minat berkunjung kembali, candi Gedong Songo Semarang Jawa Tengah "