Re-Design Kemasan Produk Keripik Pisang Dengan Metode Kansei Engineering (Studi Kasus Industri Rumah Tangga Elisa Snack Gondang Purworejo, Kab. Kediri)

Main Author: Augustira, Thalia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/184290/1/Thalia%20Augustira.pdf
http://repository.ub.ac.id/184290/
Daftar Isi:
  • Kemasan merupakan salah satu faktor yang penting dalam penjualan suatu produk. Tingkat konsumsi produk dapat bertambah apabila memiliki kemasan yang menarik. Kemasan pada dasarnya berperan penting melindungi produk, namun selain itu juga digunakan sebagai media informasi kepada konsumen. Salah satu produk makanan dalam kemasan adalah keripik pisang dengan produsen industri rumah tangga Elisa Snack yang bertempat di Gondang Purworejo, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri. Industri rumah tangga Elisa Snack diketahui memiliki kemasan kurang informatif yaitu tidak mencantumkan tanggal kadaluwarsa padahal tanggal kadaluwarsa merupakan salah satu hal penting bagi konsumen sebelum memutuskan membeli suatu produk. Banyaknya pesaing usaha keripik yang ada dapat menyebabkan pemasaran produk menjadi kurang meluas dan menurunkan minat konsumen. Tingginya persaingan dan kelemahan yang ada diharapkan dapat mendorong industri rumah tangga Elisa Snack menjadi lebih baik dengan cara mengoptimalkan tampilan kemasan dan disesuaian dengan keinginan konsumen. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk merancang kemasan yang sesuai dengan keinginan konsumen adalah kansei engineering. Penerapan metode kansei engineering dalam penelitian ini menggunakan 21 kata kansei pada 75 responden terhadap 9 sampel produk kemasan keripik pisang Elisa Snack pada kuisioner. Kata kansei yang digunakan antara lain informatif, menarik, modern, bercorak, bergengsi, aman, mencolok, inovatif, berwarna, terang, kreatif, kualitas bagus, unik, praktis, elegan, rapi, berciri khas, mudah dibuka, berlabel, mudah disimpan, dan berlogo. Desain kemasan akhir yang sesuaivii keinginan responden antara lain kemasan berbentuk standing pouch, berbahan kertas kraft, dan berwarna transparan dengan banyak warna. Faktor terpenting yang menjadi pertimbangan dalam desain kemasan keripik pisang Elisa adalah elemen desain bentuk dengan persentase 43,384, lalu elemen desain bahan dengan persentase 37,085, dan elemen desain warna dengan persentase 19,531