Analisis Pengaruh Logistics Service Quality Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan pada PT Indomarco Adi Prima Surabaya dengan Metode Partial Least Square
Main Author: | Nur Aisyah, Dheandra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/184288/1/Dheandra%20Nur%20Aisyah.pdf http://repository.ub.ac.id/184288/ |
Daftar Isi:
- Distributor X merupakan distributor FMCG yang mengukur kualitas layanan logistiknya berdasarkan total produk yang dapat dipenuhi terhadap permintaan retailernya. Pengukuran kualitas layanan logistik seharusnya diukur berdasarkan dimensi yang mengukur kualitas layanan logistik yang sesungguhnya seperti dimensi yang ada pada Logistics Service Quality (LSQ). Tujuan perusahaan adalah meningkatkan kualitas layanan logistiknya untuk menjaga kepuasan dan loyalitas pelanggannya. Tujuan penelitian adalah mengukur tingkat LSQ, kepuasan dan loyalitas, serta mengetahui hubungan dari ketiga variabel. Setelelah mengetahui tingkat nilai variabel dan hubungannya, kemudian dilakukan evaluasi kualitas layanan logistik berdasar harapan pelanggan. Pengukuran analisis hubungan ketiga variabel tersebut dengan menggunakan SEM-PLS. Berdasarkan hasil penelitian, diidentifikasi terdapat 8 dimensi variabel LSQ, 3 indikator kepuasan, dan 3 indikator variabel loyalitas pelanggan yang digunakan sebagai atribut penelitian serta didapatkan hasil bahwa LSQ memiliki hubungan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil evaluasi kualitas layanan logistik didapatkan hasil kualitas layanan yang diinginkan oleh retailer dan saran yang diberikan oleh retailer besar perusahaan.