Analisis Manajemen Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 (Studi Kasus UMKM Keripik Osari)

Main Author: Margaretha, Clarintha
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/184264/1/Clarintha%20Margaretha.pdf
http://repository.ub.ac.id/184264/
Daftar Isi:
  • UMKM Keripik Osari merupakan salah satu UMKM yang menyediakan oleh- oleh khas Kota Malang. Semakin banyaknya tempat wisata yang berada di Kota Malang dan sekitarnya terus mendorong banyaknya wisatawan yang dating ke Kota Malang. Namun seiring dengan berjalannya waktu penjualan dari UMKM Keripik Osari di sepanjang tahun 2020 cenderung menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Penelitian dimulai dengan identifikasi atribut internal menggunakan bauran pemasaran sedangkan identifikasi atribut eksternal dilakukan menggunakan Porter’s Five Forces Method. Pada tahap input, dilakukan analisis faktor mengenai kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman kemudian dianalisa menggunakan Internal Factor Evaluation Matrix(IFE), Eksternal Factor Evaluation Matrix (EFE), dan Competitive Profile Matrix (CPM). Selanjutnya dilakukan tahap pencocokan menggunakan Matriks SWOT dan sehingga didapatkan alternatif startegi. Pada tahap keputusan, digunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) sehingga didapatkan delapan alternatif strategi. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, CPM, Kerangka Perumusan, Porter’s Five Forces, Strategi.