PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ISPRING PADA MATERI DESAIN GRAFIS DI KELAS X SMK NEGERI 5 MALANG
Main Author: | Setiawan, Bagus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/184204/1/Bagus%20Setiawan.pdf http://repository.ub.ac.id/184204/ |
Daftar Isi:
- Dalam dunia pendidikan terdapat proses belajar dan mengajar antara guru dan siswa. Pada proses belajar dan mengajar tersebut tidak luput dari bagaimana cara guru dalam penyampaian materi yang baik. Seiring berkembangnya zaman, seorang guru diharuskan untuk memberikan materi pembelajaran yang efektif dan efisien, namun banyak guru yang belum paham dalam memberikan media pembelajaran yang baik, padahal media pembelajaran sangat banyak pengaruhnya dalam proses belajar. Aplikasi Ispring adalah salah satu sarana untuk pengajar agar dapat mengembangkan media pembelajaran yang efektif dan efisien, dimana aplikasi tersebut dapat membuat sebuah media pembelajaran yang bisa diakses melalui smartphone android, sehingga diharapkan minat siswa dalam belajar dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran serta mengukur tingkat keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Ispring untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Ispring layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Desain Grafis di kelas X SMK Negeri 5 Malang. Hal tersebut dibuktikan dengan kelulusan hasil belajar dari lima siswa yang telah mengerjakan kuis yang sudah diberikan pada media pembelajaran berbasis aplikasi Ispring pada materi desain grafis di kelas X SMK Negeri 5 Malang.