PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS MENGGUNAKAN MODEL PENGEMBANGAN FOUR-D (STUDI PADA SMK NEGERI 1 REMBANG)

Main Author: Azkiyah, Azka
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/184199/1/AZKA%20AZKIYAH.pdf
http://repository.ub.ac.id/184199/
Daftar Isi:
  • "Pandemi Covid-19 menuntut pembelajaran berjalan secara daring. SMK N 1 Rembang memanfaatkan Whatsapp, Zoom dan Google Classroom untuk pembelajaran daring. Peserta didik tidak memiliki sumber belajar khusus sebagai acuan untuk melaksanakan pembelajaran. Hasil belajar kelas X TKJ A & X TKJ C tanpa media tergolong rendah. Kelas X TKJ A & X TKJ C mendapatkan rata-rata 73,67 dan 75,7 dengan KKM 79. Jumlah peserta didik dengan nilai tuntas pada kelas X TKJ A 13 dan X TKJ C 15. Pembelajaran dengan media dilaksanakan di kelas X TKJ B dengan slide materi PowerPoint yang mengharuskan peserta didik untuk melakukan pengunduhan. Hal tersebut menjadi keluhan peserta didik, karena permasalahan memori perangkat penuh. Oleh karena itu dalam penelitian skripsi ini peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis website yang dapat mengakomodasi pembelajaran secara daring. Peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis website dengan metode pengembangan Four-D (define, design, develop, dan disseminate). Hasil validasi dari ahli media, materi, dan instruksional menunjukkan kriteria sangat layak dengan persentase masing-masing 88,7%, 100%, dan 90,77%. Untuk menguji efektivitas dan efisiensi media pembelajaran, peneliti melibatkan 34 peserta didik kelas X TKJ A dalam uji coba luas. Media pembelajaran efektif dalam pembelajaran dengan skor signifikansi 0,02 melalui uji wilcoxon. Uji efisiensi dari skor kuesioner respon peserta didik mencapai 92,03% dengan kriteria sangat layak. Pada tahap diseminasi, peneliti melibatkan 30 peserta didik kelas X TKJ C dengan hasil skor respon sebesar 92,03% (sangat layak). Dengan demikian, peneliti dapat menyimpulkan penggunaan media pembelajaran efektif dan efisien untuk dimanfaatkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Kata kunci: covid-19, media pembelajaran, website, Four-D, uji wilcoxon "